Skip to content

Juara Harapan III MTQMN XV2017 perwakilan Politeknik Negeri Balikpapan

PENUTUPAN MUSABAQAH TILAWATIL QUR’AN (MTQ)
MAHASISWA NASIONAL XV TAHUN 2017

Juara Harapan III MTQMN XV2017 perwakilan Politeknik Negeri Balikpapan

Muchtar Nashir adalah mahasiswa tingkat akhir dan saat ini masih menjalankan tugas akhir di semester 6 (enam). Tidak dapat dipungkiri bahwa banyak teman-teman dari Poltekba tidak menduga akan mendapatkan Juara Harapan ke-III dari 3000 peserta dengan berbagai kategori lomba. Dari 10 (sepuluh) delegasi yang dibawa oleh Poltekba hanya Muchtar Nashir yang mendapatkan Juara Harapan III. Tidak hanya itu pihak Poltekba juga sangat mengapresiasi prestasi dari Mahasiswa tersebut karena hanya 3 (tiga) Perguruan Tinggi Politeknik yang mendapatkan prestasi di MTQ ini seperti Politeknik Negeri Balikpapan, Politeknik Lhokseumawe dan Politeknik Negeri Samarinda.

Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017 diselenggarakan di 2 (dua) tempat yaitu Universitas Negeri Malang (UM) dan Universitas Brawijaya dan ditutup tanggal 3 Agustus 2017 di Graha Cakrawala Universitas Negeri Malang (UM).

Malam penutupan MTQMN XV2017 ditutup oleh Sekretaris Jenderal Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Prof. Ainun Na’im, Ph.D, MBA didampingi Rektor UM Prof. Dr. AH. Rofi’uddin, M.Pd dan Prof. Dr. Ir. Moh. Bisri, MS Rektor Brawijaya.

Perhelatan yang telah digelar mulai tgl 28 Juli – 3 Agustus 2017 ini mencatatkan sejarah baru selama penyelenggaraan MTQMN yaitu dengan banyaknya jumlah peserta yang mengikuti sekitar 3.000 Peserta dari 251 Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Indonesia.

Dengan mempertandingkan 13 cabang lomba, 6 (enam) cabang dilaksanakan di Universitas Negeri Malang, yaitu Musabaqah Hifzhil 10 Juz (HQ10), Musabaqah Hifzhil 20 Juz (HQ20), Musabaqah Qira’at Sab’ah (QS) Riwayat Warsy dan Qalun, Musabaqah Khattil Quran, Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al Qur’an dalam Bahasa Arab (DIA), dan Musabaqah Debat Ilmiah Kandungan Al Qur’an Bahasa Inggris (DII).

Sementara 7 (tujuh) cabang lainnya dilaksanakan di Universitas Brawijaya yaitu Musabaqah Tilawatil Qur’an (TQ), Musabaqah Tartilil Qur’an (TQ), Musabaqah Hifzhil Qur’an 5 Juz (HQ5), Musabaqah Fahmil Qur’an (FQ), Musabaqah Syarhil Qur’an (SQ), Musabaqah Karya Tulis Ilmiah Kandungan Al-Qur’an (KTIQ), Musabaqah Desain Aplikasi Komputer Al- Qur’an (DAQ).

Pengumuman pemenang dan pemberian hadiah kepada masing-masing juara di setiap cabang lomba diumumkan pada malam penutupan MTQMN XV Tahun 2017 mulai pukul 18.00 WIB

Pada pelaksanaan MTQMN XV ini juga terjadi pemecahan rekor MURI yaitu Khotmil Quran selama 7 hari Non Stop, yang dilaksanakan mulai tanggal 27 Juli sampai 3 Agustus 2017 oleh sekitar 300 orang.

Selain pemecahan rekor penutupan MTQMN XV Tahun 2017 ini akan menghadirkan penyanyi muda berbakat Fatin Shidqia Lubis, jebolan ajang pencarian bakat di salah satu stasiun televisi, yang akan menghibur seluruh peserta dan ofisial yang hadir dengan membawakan beberapa lagu karya terbaiknya.

No comments yet

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS