Pelaksanaan Verifikasi TUK dan Sertifikasi Kompetensi Untuk D-III Politeknik

1024 682 Politeknik Negeri Balikpapan

IMG_1618

Poltekba, sejak kemaren (8/11) BNSP telah melihat dan memverifikasi peralatan laboratorium teknik sipil dan jika peralatan untuk sertifikasi di anggap layak maka hari ini (9/11) akan melaksanakan sertifikasi kompetensi bagi teknik sipil politeknik negeri balikpapan.

 

pelaksanaan verifikasi dan sertifikasi ini selama 3 hari dan hari pertama pelaksanan adalah verifikasi alat yang digunakan untuk peralatan kerja atau laboratorium teknik sipil dan peserta adalah alumni teknik sipil yang ingin menambah kompetensi di dunia kerja.dan perlu diketahui juga sertifikasi ini dapat menjadi nilai tambah bagi alumni teknik sipil karena sekarang ini balikpapan dan indonesia pada umumnya telah memasuki era globalisasi atau MEA (masyarakat Ekonomi Asia) dimana setiap pekerja baik lokal maupun nasional harus dapat melampirkan sertifikasi profesi tersebut.

ada 27 peserta alumni yang hadir, dan mereka memilih kompetensi yang akan diambil seperti sertifikasi juru ukur atau surveyor dan sertifikasi pengawas pekerjaan struktur bangunan gedung. dari 27 peserta tersebut, ada 7 peserta yang memilih untuk memiliki sertifikasi Juru Ukur/ Surveyor dan sekitar 20 orang memilih sertifikasi pengawas pekerjaan struktur bangunan gedung.

Tim Sertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi dari Jakarta yang diwakili Oleh Bapak Prasetyo, M.Sc  mengatakan sertifikasi profesi ini sangat bermanfaat bagi pekerja yang ingin terjun dalam dunia industri karena tidak hanya menjadi nilai tambah dalam sertifikasi tapi juga dalam pengenalan dan pengunaan alat dapat dengan langsung beradaptasi.

selain itu juga tim sertifikasi ini dibantu oleh dosen teknik sipil yang sebelumnya sudah memiliki sertifikasi asesor untuk penilaian sertifikasi tersebut seperti Bapak Drs. Sunarno, M.Eng, Mahfud, S.Pd., M.T. dan Totok Sulistyo, S.T., M.T. “kedepannya setiap program studi poltekba dapat melakukan TUK  (tempat Uji Kompetensi) serta dapat mensertifikasi sendiri alumninya” kata Bapak Ramli S.E., M.M

Leave a Reply

Your email address will not be published.