Skip to content

PELATIHAN JURNALISTIK UKM KOMIC POLTEKBA

Sabtu, tanggal 11 November 2017. UKM Komunitas Insan Cita (KomIC) mengadakan sebuah pelatihan jurnalistik yang bertempat di gedung rektorat lantai 3. Pelatihan dengan tema ‘More Creativity with Journalis’ ini berisi mengenai bagaimana menjadi seorang jurnalis dimulai dari cara yang sederhana.

Acara tersebut berlangsung diawali dengan sambutan oleh Wadir III Politeknik Negeri Balikpapan yaitu bapak Syahrudin. Untuk pengisi acara panitia menghadirkan dua orang pembicara yang mumpuni dibidangnya yaitu Bapak Bambang Herlandi, beliau seorang sekertaris dari Himpunan Fotografer Balikpapan dan Bapak Adi prasetya, beliau ini adalah KA Biro Kompas Kaltimra. Jika dilihat dari background pemateri tentu saja dapat disimpulkan bahwa acara ini didukung oleh sumber yang terpercaya.
Pelatihan jurnalistik sendiri merupakan program kerja UKM KomIC yang diadakan setiap tahunnya, namun yang spesial dari tahun ini adalah acara pelatihan diadakan bersamaan dengan perayaan milad UKM KomIC yang ke-7. Acara kali ini diikuti dengan kuota 50 peserta yang terdiri dari anggota internal UKM KomIC serta delegasi yang dikirimkan dari masing-masing jurusan yang ada dikampus, lima orang disetiap jurusan.
Dalam pelaksanaanya peserta pelatihan diajarkan bagaimana cara menulis sebuah redaksi atau berita sesuai dengan acuan 5W+1H serta berbagai tips menulis yang tentu saja mudah untuk dipahami, tak hanya menulis peserta juga diberi pengetahuan mengenai fotographi dimulai dari hal kecil seperti pengenalan kamera, cara menggunakan hingga tips menggambil gambar yang bagus tanpa harus jauh-jauh keluar daerah. Semua ilmu yang diberikan tentu saja mengajarkan peserta untuk lebih peka terhadap lingkungan sekitar, sebab banyak hal unik disekitar kita yang bisa diangkat menjadi sebuah karya baik untuk tulisan maupun sebuah foto.
Walaupun sempat terhambat dengan turunnya hujan dipagi hari tak menyurutkan semangat semua pihak pendukung acara pelatihan. Acara bermanfaat seperti ini sebaiknya memang terus diadakan setiap tahunnya sebab tak hanya mendapat ilmu peserta juga mendapatkan sertifikat yang dapat menjadi nilai tambah serta pengalaman yang hanya bisa dirasakan diluar sana. (put)

No comments yet

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS