Poltekba Gelar Pengabdian Masyarakat di Lamaru, Warga Akhirnya Menikmati Air Bersih”

150 150 Politeknik Negeri Balikpapan

 

BALIKPAPAN – Tim Politeknik Negeri Balikpapan melakukan pengabdian masyarakat di RT.24 Kelurahan Lamaru Balikpapan Timur, Minggu (7/10) kemarin. Hal tersebut dilakukan karena ada sekitar 150 KK warga di Jalan Lapangan Tembak RT 24 di Kelurahan Lamaru belum pernah merasakan air bersih.

Candra Irawan S.T.,M.Si selaku ketua tim pengabdian masyarakat Poltekba bersama anggotanya H. Syahruddin,S.Pd.,M.T dan Ramli, S.E.,M.M melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dengan membantu membuatkan water treatment plan untuk warga RT 24 Kelurahan Lamaru dan sekitarnya.

Candra Irawan didampingi Syahruddin dan Ramli menjelaskan proses pembuatan water treatment plan tersebut menggunakan metode adsorpsi, filtrasi dan pengendapan. Dimana bahan baku air sumur ditampung terlebih dahulu dengan ditambahkan tawas dan kemudian didiamkan sampai satu jam. Setelah itu, melewati filter yang berisikan karbon aktif, zeolit setelah ditampung dan siap didistribusikan ke masyarakat.

Candra pun mengungkapkan bahwa Masyarakat hanya mengandalkan air hujan dan air tanah untuk kegiatan mandi, cuci, kakus. Sedangkan untuk air minum, warga masyarakat harus membeli air galon sehingga sisanya masih mengandalkan air hujan dan air tanah yang tidak memenuhi standar air bersih sehingga banyak penduduk yang terpaksa memanfaatkan air yang kurang bagus kualitasnya. Tentu saja hal ini akan berakibat kurang baik bagi kesehatan masyarakat pada jangka pendek seperti iritasi pada kulit, dan gatal-gatal. Tingginya konsentrasi logam inilah yang menyebabkan air tersebut berwarna kuning dan berbau yang menunjukkan adanya kandungan besi (Fe) yang melebihi kadar maksimal dalam air yaitu lebih dari 1,0 mg/l (PerMenKes RI No 416/Per/IX/1990).

Sementara itu, Wagino selaku ketua RT 24 Kelurahan Lamaru mengucapkan terima kasih kepada pihak Poltekba yang dalam hal ini tim pengabdian masyarakatnya karena dngan adanya bantuan ini semoga dapat bermanfaat bagi warga RT. 24 Kelurahan Lamaru dan kedepannya semoga dapat dikembangkan lebih maju lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.