Poltekba wakili DIKTI di Ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia

150 150 Politeknik Negeri Balikpapan

20140609_135949

Kegiatan Pameran Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) tahun ini diselenggarakan di Batam dan merupakan kegiatan yang ke VIII sejak tahun 2007 dan kali pertama diadakan diluar Jakarta. Disamping itu, menariknya PPKI tahun ini diadakan serempak dengan kegiatan MTQ ke-25 di Islamic Center Batam sehingga semakin menambah kemeriahan kegiatan tersebut.

PPKI yang merupakan program Menkokesra berlangsung mulai tanggal 6-12 Juni 2014 dengan mengusung tema “Kreatifitas Dalam Harmoni” secara resmi di buka oleh Agung Laksono. Menurutnya PPKI ini berpotensi dalam mencetak dan bertemunya insan-insan kreatif yang dapat memadukan seni dengan teknologi.

PPKI 2014 merupakan wahana berkumpulnya para insan kreatif dari berbagai stakeholders yang meliputi pihak industri, pemerintah, maupun dari kalangan akademisi yang turut serta dalam mempersiapkan Sumber Daya Manusia yang kreatif. Keterlibatan pihak akademisi dalam PPKI di sponsori oleh Kemdikbud yang melibatkan pelaku pendidikan dari berbagai jenjang seperti PAUD, SD, SMP, SMA/SMK, dan Perguruan Tinggi.

Melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti), Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) ditunjuk untuk ikut serta memeriahkan Pameran PPKI 2014 dalam bidang kuliner. Keterlibatan Poltekba didasarkan pada tersedianya sistem pendidikan vokasi yang menyediakan tenaga terampil dalam bidang Tata Boga, Teknik Mesin Alat Berat, Teknik Elektro, dan Tenik Sipil. Namun keikutsertaan Poltekba dalam Pameran PPKI 2014, Dikti mempercayakan untuk dapat menampilkan hasil karya mahasiswa pada bidang Tata Boga.

Selama pameran, Poltekba menampilkan produk-produk patiseri dan juga menampilkan kegiatan demo masak. Adapun produk yang ditampilkan yaitu diantaranya sus kering ikan tongkol, chocolate praline, brownies kukus rumput laut, aneka cupcake, sirup nangka ikan mas, abon ikan patin, roti imitasi. Sedangkan rangkaian kegiatan demo masak diantaranya fruit carving, barbie cake decoration, cupcake, dan jus sepinggan. Menariknya kegiatan demo masak ini menjadi daya tarik pengunjung untuk meramaikan booth Dirjen Dikti selama pameran berlangsung.

Keikutsertaan Poltekba disamping untuk mempromosikan pendidikan di Poltekba juga secara bersamaan mempromosikan potensi lokal balikpapan yang dapat dikembangkan dan diinovasikan menjadi produk-produk kuliner yang kreatif dan inovatif, tentunya hal ini bisa direalisasikan dengan tersedianya SDM yang kreatif dan inovatif. (TM)

Leave a Reply

Your email address will not be published.