Akuntansi

Selayang Pandang

Melimpahnya sumberdaya energi dan sumberdaya alam yang terdapat di Pulau Kalimatan mampu menarik minat perusahaan Nasional maupun Multinasional untuk beroperasi pada pulau terbesar di dunia ini. Lokasi yang strategis serta ditunjang dengan berbagai fasilitas penunjang yang memadai menjadikan kota Balikpapan tumbuh dan berkembang menjadi kota Perdagangan, Jasa, serta Pariwisata, namun terbatasnya kebutuhan akan lembaga pendidikan menjadikan kendala untuk berkembangnya kota Balikpapan dalam menyerap sumber daya insani yang berkualitas.

Berdasarkan hal tersebut maka, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan mendirikan Politeknik Balikpapan. Standarisasi kualitas pendidikan sangatlah diperlukan, untuk memenuhi hal tersebut Politeknik Balikpapan telah melakukan transfer manajemen Perguruan Tinggi, serta melakukan standarisasi tenaga pengajar guna menciptakan mutu pendidikan berkualitas. Sejak 9 Desember 2011 dengan ditandatanganinya Permendiknas No. 41/2011 menjadikan institusi menjadikan salah satu dari beberapa perguruan tinggi negeri pada propinsi Kalimantan Timur.

Kebutuhan ahli professional di Kota Balikpapan namun adanya keterbatasan institusi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ekonomi, akuntansi, keuangan, dan perbankan menjadikan kendala dalam memenuhi kebutuhan ahli profesional. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Politeknik Negeri Balikpapan membuka program studi Keuangan dan Perbankan.

 

Visi Prodi

Menjadi program studi vokasi yang handal dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi dibidang Perbankan dan Keuangan di kawasan timur Indonesia dalam menghadapi persaingan global, pada tahun 2030.

 

Misi Prodi

  1. Melaksanakan program pendidikan vokasi di bidang perbankan dan keuangan sehingga 
menghasilkan lulusan yang terserap dalam pasar kerja dan berjiwa wirausaha;
  2. Mengembangkan sistem Link and Match dalam penyelenggaraan pendidikan bidang Perbankan dan Keuangan guna memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri 
khususnya di kawasan kalimantan timur;
  3. Melaksanakan penelitian terapan di bidang Perbankan dan Keuangan yang berguna dalam pemecahan permasalahan dalam masyarakat dan pengembangan ipteks;
  4. Membentuk suasana akademik yang menumbuhkan sikap dan komitmen kepemimpinan, kewirusahaan, pengembangan diri terus menerus serta tanggap terhadap perubahan global.
  5. Berperan serta dalam membangun peradaban bangsa melalui program- program implementasi ipteks dalam menyelesaikan persoalan di masyarakat.

 

Tujuan

  1. Menghasilkan lulusan Program Studi Perbankan dan Keuangan yang memiliki kompetensi dibidang Bank Officer, Financial Dealer and Broker, Treasurer yang handal dan dapat diterima dipasar kerja.
  2. Menghasilkan lulusan Program Studi Perbankan dan Keuangan yang mampu menjadi wirausaha baru.
  3. Menghasilkan penelitian terapan yang menjadi dasar pemecahan masalah industri Perbankan dan Keuangan khususnya masalah kredit dan pemasaran.

Kompetensi Lulusan

  1. Menguasai konsep tentang produk dan jasa bank.
  2. Menguasai konsep dan teknik manajemen keuangan, penganggaran bank, 
analisa laporan keuangan, manajemen pembiayaan dan analisis pembiayaan.
  3. Menguasai konsep dan teknik akuntansi dasar, akuntansi lanjutan, 
akuntansi lembaga keuangan, dan audit lembaga keuangan.
  4. Mampu memberikan informasi produk & jasa bank sehingga calon nasabah 
tertarik untuk terhadap produk bank di tengah persaingan bank yang ketat.
  5. Memiliki kompetensi pendukung lain seperti TOEFL/TOEIC, WPPE, dll.

 

Fasilitas

  1. Ruang perkuliahan dengan lingkungan akademik yang kondusif lengkap dengan AC/Kipas Angin, LCD Projector, dll;
  2. Ruang administrasi sebagai pendukung sistem belajar mengajar;
  3. Ruang baca prodi Perbankan dan Keuangan
  4. Laboratorium dalam mendukung praktik, diantaranya:
    * Laboratorium Bank Mini
    * Laboratorium Pasar Modal (bekerjasama dengan IDX dan MNC Sekuritas dalam operasionalnya)
    * Laboratorium Bahasa Inggris
    * Laboratorium Komputer
  5. Langganan e-journal melalui akun Kemenristekditki
  6. Parkir, kantin, musholla, taman, free hot spot, dan fasilitas umum lainnya.

 

Peluang Karir

  1. Berkarir pada industri perbankan dan keuangan, seperti: bank, lembaga asuransi, leasing dan lembaga keuangan lainnya;
  2. Berkarir pada industri non perbankan dan keuangan seperti: back office, auditor, pengadministrasi, serta staff akuntansi/keuangan/pembukuan pada perusahaan.

 

Kurikulum

Program Studi Perbankan dan Keuangan Politeknik Negeri balikpapan senantiasa berusaha melakukan evaluasi terhadap kurikulum yang ada, secara periodik. Pembaharuan ini dilakukan agar kurikulum tersebut senantiasa menjawab kebutuhan masyarakat. Dalam penyusunan kurikulum, Program Studi Perbankan dan Keuangan mengacu kepada Surat Edaran Kemenristekdikti, nomor 255/B/SE//VIII/2016 tertanggal 20 Agustus 2016 tentang Panduan Penyusunan Kurikulum Pendidikan Tinggi.

kurikulum

Leave a Reply

Your email address will not be published.