Akuntansi

Selayang Pandang
Melimpahnya sumberdaya energi dan sumberdaya alam yang terdapat di Pulau Kalimatan mampu menarik minat perusahaan Nasional maupun Multinasional untuk beroperasi pada pulau terbesar di dunia ini. Lokasi yang strategis serta ditunjang dengan berbagai fasilitas penunjang yang memadai menjadikan kota Balikpapan tumbuh dan berkembang menjadi kota Perdagangan, Jasa, serta Pariwisata, namun terbatasnya kebutuhan akan lembaga pendidikan menjadikan kendala untuk berkembangnya kota Balikpapan dalam menyerap sumber daya insani yang berkualitas.
Berdasarkan hal tersebut maka, Pemerintah Kota Balikpapan melalui Yayasan Pendidikan Pemerintah Kota Balikpapan mendirikan Politeknik Balikpapan. Standarisasi kualitas pendidikan sangatlah diperlukan, untuk memenuhi hal tersebut Politeknik Balikpapan telah melakukan transfer manajemen Perguruan Tinggi, serta melakukan standarisasi tenaga pengajar guna menciptakan mutu pendidikan berkualitas. Sejak 9-Desember-2011 dengan ditandatanganinya Permendiknas no.41/2011 menjadikan institusi menjadikan salah satu dari beberapa perguruan tinggi negeri pada propinsi Kalimantan Timur.
Kebutuhan akan ahli professional di Kota Balikpapan, namun terbatasnya institusi pendidikan dalam menyelenggarakan pendidikan dalam bidang ekonomi, akuntansi, keuangan, dan perbankan menjadikan kendala dalam memenuhi kebutuhan ahli profesional. Guna memenuhi kebutuhan tersebut, Politeknik Negeri Balikpapan membuka program studi Keuangan dan Perbankan.

Visi Prodi
Menjadikan Program Studi Unggulan pada Bidang Perbankan dan Keuangan yang berstandar Internasional dalam menghadapi persaingan global.

Misi Prodi
Menyelenggarakan dan mengembangkan Pendidikan Tinggi di bidang Perbankan dan Keuangan melalui pelaksanaan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat sehingga mampu membekali lulusan dengan keahlian professional dan beretika.
Mengembangkan sistem Link and Match dalam penyelenggaraan pendidikan bidang Perbankan dan Keuangan guna memenuhi kebutuhan dunia usaha dan industri, baik didalam maupun luar negeri.
Membentuk suasana akademik yang menumbuhkan sikap dan komitmen kepemimpinan, kewirausahaan, pengembangan diri terus menerus serta tanggap terhadap perubahan global.
Melakukan dan mendorong kegiatan penelitian di bidang akuntansi, dan manajemen.
Melaksanakan pengabdian kepada masyarakat melalui karya-karya kreatif dan inovatif di bidang akuntansi.
Melakukan dan mendorong kegiatan pengabdian kepada masyarakat

Tujuan
Menghasilkan mahasiswa yang memiliki:
Sikap yang mencermin dan menjunjung tinggi nilai-nilai ke-Indonesian dan Etika Akademik.
Pengetahuan tentang konsep dan teori ekonomi, akuntansi, pasar modal, akuntansi manajemen, manajemen, akuntansi perbankan, pemeriksaan akuntansi, perpajakan, analisa laporan keuangan, lalu lintas pembayaran DN/LN, serta integrasi pengetahuan tentang konsep dan dan teoritis penelitian akuntansi.
Kemampuan menerapkan keahlian dibidang akuntansi, akuntansi manajemen, perpajakan, dan pemeriksaan akuntani di institusi pemerintah, swasta, organisasi nirlaba
Kemampuan untuk bertanggung jawab pada karir dalam berbagai macam lapangan kerja yang berkaitan dengan akuntansi, akuntansi manajemen, pemeriksaan akuntansi, perpajakan, pasar modal dan studi lanjut dalam bidang ilmu akuntansi.
Kemampuan menulis, presentasi dan mengambil keputusan yang tepat berdasarkan analisis informasi dan data dan mengambil berbagai macam alternatif solusi secara mandiri dan kelompok menggunakan teknologi informasi untuk menopang pembelajar seumur hidup.
Kemampuan beradaptasi didalam lingkungan sosio – ekonomi yang berbeda-beda dan berubah dengan cepat.

Kompetensi Lulusan
Menguasai konsep produk dan jasa perbankan
Menguasai konsep dan praktik teknik manajemen keuangan, penganggaran bank, manajemen pembiayaan, dan analisa laporan keuangan
Mengusai konsep dan praktik teknik akuntansi dasar, akuntansi lanjutan, akuntansi lembaga keuangan , dan audit bank
Menguasai konsep dan praktik teknik manajemen pemasaran bank syariah dan manajemen sumber daya insani
Menguasai konsep dan praktik teknik manajemen lalu lintas pembayaran DN/LN
Menguasai konsep dan praktik pasar modal asuransi , kewirausahaan, dan komputerisasi akuntansi
Mampu memahami konsep dan membuat keputusan investasi dan merekomendasi jenis investasi keuangan

Fasilitas
Ruang perkuliahan dengan lingkungan akademik kondusif
Tenaga Pengajar yang responsif
Laboratorium dalam mendukung praktik, diantaranya:
Laboratorium Komputer (Resource Sharing)
Laboratorium Pasar Modal (Tersedia)
Laboratorium Mini Bank (Proses pembangunan oleh BRI)
WIFI
Laboratorium Statistik (Proses Pengadaan)

Kurikulum
CURRICULUM SCHEME FOR REGULAR DIPLOMA STUDY PROGRAM

Peluang Karir.
Berdasarkan kompetensi pembelajaran diharapkan prospek setiap lulusan dapat berkarir bukan hanya pada industri keuangan, namun juga pada non keuangan sebagai back office, tata buku, auditor, pengadministrasi, serta staff akuntansi/keuangan/pembukuan pada perusahaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.