Skip to content

Sumpah Pemuda

Poltekba, Upacara Sumpah Pemuda Diperingati dengan Upacara bendera oleh Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba)Dihalaman Gedung Direktorat, 30/10. Bertindak sebagai Pembina Upacara adalah Direktur Poltekba, Ramli, S.E.,M.M.

Upacara Sumpah Pemuda dengan Tema nasional “Pemuda Indonesia Berani Bersatu“ tersebut berlangsung khidmat. Upacara diikuti oleh Dosen, karyawan dan mahasiswa dari semester 1 dan 3 seluruh jurusan, mulai jurusan teknik sipil, teknik elektro, teknik mesin, tata boga, dan keuangan perbankan.

Dalam amanat yang dibacakan oleh Direktur Poltekba, mengutip dalam pidato Menteri Pemuda dan Olahraga ; Presiden Republik Indonesia yang pertama, Bung Karno pernah menyampaikan : “jangan mewarisi abu sumpah pemuda, tapi warisilah api sumpah pemuda. kalau sekadar mewarisi abu, saudara-saudara akan puas dengan indonesia yang sekarang sudah satu bahasa, satu bangsa, dan satu tanah air. tapi ini bukan tujuan akhir,” pesan yang disampaikan oleh bung karno ini sangat mendalam khususnya bagi generasi muda indonesia. api sumpah pemuda harus kita ambil dan terus kita nyalakan. kita harus berani melawan segala bentuk upaya yang ingin memecah belah persatuan dan kesatuan bangsa. kita juga harus berani melawan ego kesukuan, keagamaaan dan kedaerahan kita. ego ini yang kadangkala mengemuka dan menggerus persaudaraan kita sesama anak bangsa. kita harus berani mengatakan bahwa persatuan indonesia adalah segala-galanya, jauh diatas persatuan keagamaan, kesukuan, kedaerahan, apalagi golongan. mari kita cukupkan persatuan dan kesatuan indonesia. stop segala bentuk perdebatan yang mengarah pada perpecahan bangsa. kita seharusnya malu dengan para pemuda 1928 dan juga kepada bung karno, karena masih harus berkutat di soal-soal ini. sudah saatnya kita melangkah ke tujuan lain yang lebih besar, yaitu mewujudkan kesejahteraan dan keadilan sosial bagi seluruh rakyat indonesia.

 

No comments yet

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS