Skip to content

Wisuda Poltekba 2017

Politeknik Negeri Balikpapan hari ini melaksanakan prosesi kelulusan mahasiswa, atau wisuda ke XIII di Hotel Novotel Balikpapan.

Berikut ini sambutan dari Direktur Politeknik Negeri Balikpapan Ramli. S.E.,M.M.

Berdasarkan Visi POLTEKBA yaitu “Menjadi institusi unggulan di bidang teknologi terapan dengan melaksanakan standar internasional untuk memenuhi kebutuhan industry” maka pada wisuda kali ini yang merupakan wisuda Politeknik Negeri Balikpapan ke-13, mengusung tema ”Lulusan POLTEKBA yang Berkarakter, Cerdas, dan Terampil Mampu Memenuhi Kebutuhan Indusri dan Pasar Kerja Dunia”.
Selanjutnya, kami (keluarga besar Politeknik Negeri Balikpapan) menghaturkan ucapan selamat datang, terima kasih, serta penghargaan kepada para tamu undangan yang telah berkenan hadir pada acara wisuda hari ini dan kepada orang tua, dan keluarga wisudawan, kami sampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya karena dengan tulus dan ihlas telah mengantarkan anak-anak kita menggapai keberhasilannya. Semoga ditangan-tangan mereka negara ini akan menjadi jauh lebih baik. Tak lupa, yang tak kalah pentingnya adalah ucapan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh staf pengajar dan tenaga kependidikan Politeknik Negeri Balikpapan atas kerja keras dan kerjasamanya dalam melaksanakan tugas mendidik mahasiswa kita hingga mereka berhasil menyelesaikan studinya, diwisuda pada pagi yang bahagia ini.

Kepada anak-anakku wisudawan-wisudawati,
Pada kesempatan yang berbahagia ini saya sebagai Direktur dan atas nama seluruh Civitas Akademika Politeknik Negeri Balikpapan mengucapkan selamat kepada para wisudawan atas keberhasilannya menyelesaikan studi di Politeknik Negeri Balikpapan. Semoga kemudahan dan kesuksesan selalu menyertai anak-anakku semua.

Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.
Sehubungan dengan acara ini, perkenankan saya atas nama pribadi maupun institusi dan seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Balikpapan dengan penuh kebanggaan pada hari ini mempersembahkan sejumlah 243 orang lulusan Program Diploma 3. Lulusan ini merupakan salah satu perwujudan bentuk tanggung jawab Politeknik Negeri Balikpapan kepada bangsa dan negara Indonesia, dan sekaligus merupakan wujud karya utama Politeknik Negeri Balikpapan.

Rincian Jenjang Wisudawan/ti
Jurusan Teknik Elektronika D3, 85 mahasiswa
Jurusan Teknik Sipil D3, 61 mahasiswa
Jurusan Teknik Boga D3 42 mahasiswa
Jurusan Alat Berat D3 55 mahasiswa

Adapun, wisudawan dan wisudawati dengan Predikat Dengan Pujian sebanyak 108 orang, sementara rata-rata IPK lulusan tahun akademik 2016/2017 adalah 3,37. Perlu kami sampaikan bahwa sejak tahun 2011 hingga saat ini, Politeknik Negeri Balikpapan telah meluluskan mahasiswa sebanyak: 1.402 orang, terdiri atas 1.152 lulusan bidang rekayasa dan 185 lulusan bidang non rekayasa.
Dan adapun mahasiswa yang telah Lulus Sertifikasi Uji Kompetensi yaitu :
Jurusan Teknik Elektronika sebanyak 87 orang;
Jurusan Sipil sebanyak 61 orang;
Jurusan Tata Boga sebanyak 41 orang;
Jurusan Alat Berat sebanyak 20 orang.
Para Wisudawan-Wisudawati yang Berbahagia,
Selama masa studi yang telah dijalankan, tanpa kenal lelah, dengan disiplin tinggi, Saudara telah berhasil melalui berbagai tahapan, tantangan, dan ujian yang sangat berat hingga mencapai puncaknya saat Saudara dinyatakan lulus dan diwisuda pada pagi hari ini. Upacara wisuda ini bukanlah akhir perjuangan, melainkan merupakan langkah awal menuju kehidupan masa depan. Saya yakin, bekal yang Saudara dapatkan selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Balikpapan, cukup untuk bekerja sesuai dengan bidang Saudara. Jangan lupa, kalian harus selalu berdoa, selalu berbakti pada orang tua, selalu belajar dan bersemangat mengembangkan kemampuan di mana pun Saudara berkarya, serta berbuat baik pada sesama.
Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.

Beberapa waktu lalu, penerimaan mahasiswa baru di seluruh perguruan tinggi di Indonesia telah selesai dilakukan termasuk di Politeknik Negeri Balikpapan melalui jalur Penelusuran Minta dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN), Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN). Ujian Masuk Mandiri (UMM), dan Jalur Beasiswa Bidikmisi.
Pada tahun akademik 2017-2018, Jumlah Mahasiswa yang diterima tahun ini sebanyak 377 orang. Pada tahun ini Poltekba menerima mahasiswa dari program pemerintah pusat yaitu Bidikmisi, calon mahasiswa yang diterima secara ekonomi kurang mampu secara akademik memiliki kemampuan. Jumlah mahasiswa Bidikmisi tahun ini sebanyak 20 orang yang berasal dari Kabupaten dan Kota di Kaltim Kaltara, dan mendapatkan beasiswa penuh sebesar Rp 7.800.000,- per mahasiswa. Beasiswa on going sebanyak 120 mahasiswa sehingga total bidikmisi berjumlah 140 orang.

Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.
Untuk menjamin keberlangsungan kualitas proses pendidikan di Politeknik Negeri Balikpapan saat ini pengembangan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat terus dilakukan dengan mengalokasikan dana DIPA Politeknik Negeri Balikpapan yang cukup besar hinggam 10% dari penghasilan PNBP Poltekba dibawah P3M (Pusat Penelitian dan Pengabdian Masyarakat), selain itu untuk menjamin mutu pendidikan dikembangkan proses pembelajaran dan penjaminan mutu dibawah P4MP (Pusat Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu) dengan cara pengembangan kualitas dosen, kurikulum, proses pembelajaran dengan system yang terintegrasi berbasis system Teknologi Informasi. Dimana hal ini didapatkan dengan cara menyebarkan angket dari dunia industry dan mahasiswa yang kemudian dianalisis dan hasilnya untuk menentukan arah kebijakan dan melakukan evaluasi diri sebagai bagian dari perencanaan strategi institusi yang tersistem dalam DARING. Salah satunya dengan cara mengembangkan dan melengkapi perangkat-perangkat pembelajaran dengan system akademik dan kemahasiswaan yang melalui system informasi teknologi yang kita miliki.
Dengan dukungan civitas akademika saat ini Politeknik Negeri Balikpapan lagi mempersiapkan re-Akreditasi pada 3 (tiga) Program Studi, yaitu Teknik Elektronika, Perbankan dan Keuangan serta Divisi Kamar. Penilaian Akreditasi oleh BAN-PT sangatlah penting sebagai acuan peningkatan kulitas Perguruan Tinggi.
Tahun 2017 Poltekba mengalokasikan dana DIPA untuk kegiatan penelitian sebesar 135 juta yang terdiri dari:
14 kegiatan penelitian skim pemerataan dan;
2 kegiatan penelitian skim kompetitif.
Serta mengalokasikan dana DIPA untuk kegiatan pengabdian kepada masyarakat sebesar 105 juta yang terdiri dari: 7 kegiatan pengabdian kepada masyarakat.
Selain melalui dana DIPA, pelaksanaan penelitian dosen Politeknik Negeri Balikpapan juga terlaksana melalui dana Hibah Kompetitif Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Kemristek Dikti, yakni sebesar 280 juta yang terdiri dari:
7 kegiatan penelitian skim peningkatan kapasitas (PDP), dan;
2 kegiatan penelitian produk terapan (PPT).
Luaran yang dihasilkan dari kegiatan penelitian dan pengabdian berupa :
Teknologi Tepat Guna (TTG),
Publikasi jurnal nasional baik yang terakreditasi maupun tak terakreditasi,
Konferensi seminar nasional dan internasional.
Kinerja publikasi karya ilmiah dosen Politeknik Negeri Balikpapan tahun 2017 sejauh ini berupa:
Jurnal Nasioanal Tak Terakreditasi sebanyak 18 artikel jurnal
Jurnal Nasional Terakreditasi sebanyak 1 artikel jurnal
Konferensi seminar nasional sebanyak 5 orang
Konferensi seminar internasional sebanyak 5 orang
Dan beberapa masih dalam progress publikasi
Dalam waktu dekat, yakni tanggal 4 November 2017 di Hotel Novotel Balikpapan Politeknik Negeri Balikpapan akan menyelenggarakan seminar nasional untuk pertama kalinya, dalam rangka sharing informasi hasil riset inovasi dibidang teknologi terapan dengan bidang kajian: Engineering, Applied Sience, Energy, Vocational Education, Higher Education, Banking and Finance, dan Tourism and Hospitality. Seminar ini diharapkan mampu menghasilkan inovasi teknologi terapan yang semakin dekat dengan kebutuhan industri dan isu-isu strategis regional dan nasional.
Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.
Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi Nomor 13 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Tahun 2015 – 2019, secara ekspilisit menegaskan pentingnya peranan kerjasama perguruan tinggi dengan dunia industry pada bidang penelitian dan pengembangan, pelatihan, kewirausahaan dan pengembangan pendidikan. Secara teknis kerjasama perguruan tinggi juga di atur dalam Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Nomor 4 Tahun 2017 tentang Pedoman Kerjasama di Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi.
Politeknik Negeri Balikpapan sebagai Perguruan Tinggi Vokasi di bawah Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi di tuntut mampu mencapai fungsi tersebut agar membuka peluang kepada Tenaga Pendidikan, Peserta didik maupun Lulusan Poltekba agar dapat berpartisipasi dalam pembangunan nasional melalui dunia industri.

Dalam kurun waktu lima tahun terakhir Poltekba telah melakukan kerjasama dengan 70 dunia industry atau 14 Perusahaan per tahun. Jumlah tersebut adalah target minimal yang harus dicapai. Adapun bentuk kerjasama yang terjalin yakni : Kerjasama Pemagangan MoU, Kerjasama Pengembangan Tata Kelola,, Penjaminan Mutu dan Pelaksanaan Uji Kompetensi 19 MoU, Kerjasama Bersifat Umum dan Keuangan 27 MoU, Kerjasama Pelaksanaan Survei 2 Mou dan Kerjasama Luar Negeri 3 MoU (Data Kerjasama Poltekba 2012 – 2017.
Kerjasama tersebut diantaranya yaitu :
Institut Teknologi Bandung;
TAFE NSW – Western Sydney Institut;
Politeknik Negeri Semarang;
Kementerian Pekerjaan Umum, Direktorat Pengembangan Jaringan Jalan, Direktorat Bina Marga;
LPJKD Provinsi Kalimantan Timur;
Bursa Efek Indonesia Kantor Wilayah Kaltim – Kaltara;
PT. United Tractors;
PT. Universal Techno Reksajaya;
Dan Institusi dan Perusahaan lainnya.

Hadirin undangan yang saya hormati, dan para wisudawan yang saya banggakan.
Merespon perkembangan peran perguruan tinggi di tingkat global, dalam salah satu Rencana Strategis Poltekba 2015-2019, Poltekba menetapkan terbangunnya karya intelektual yang bernilai melalui pengembangan pribadi, pemanfaatan hasil-hasil riset terapan, pengabdian kepada masyarakat serta pengembangan kerjasama kelembagaan. Dalam mengembangkan inovasi, Poltekba berkeyakinan bahwa pengembangan inovasi tersebut haruslah dilandasi nilai-nilai etika tertentu yang mampu mengendalikan dan mengarahkan pengembangan inovasi untuk kemaslahatan masyarakat luas. Disamping itu, kegiatan riset yang inovatif diyakini akan memberikan hasil dan prestasi yang positif bagi seluruh sivitas akademika Politeknik Negeri Balikpapan. Dalam kesempatan ini, saya ingin menyampaikan bahwa prestasi Poltekba dalam bidang pengelolaan keuangan tahun 2016 merupakan terbaik ke-3 dari seluruh Perguruan Tinggi Negeri se-Indonesia dan Poltekba juga terbaik ke-6 dari seluruh Politeknik se-Indonesia dalam Sisi Peringkat Webometrics Rank dan salah satu prestasi yang diraih oleh salah satu dosen kami, yaitu saudara Dr. Emil Azmanajaya, S.T, M.T yang telah mematenkan Uji Turbelensi Alat Pencampur Siklon untuk Pengolah Air Bersih dan kini hasil paten tersebut sudah digunakan dan dimanfaatkan oleh masyarakat luas yaitu salah satunya “Pengolahan Air Bersih” di Jerman.

Disamping itu, prestasi yang telah diukir oleh mahasiswa Poltekba dalam satu tahun terakhir diantaranya yaitu:
Juara 3 Lomba Junior Asian Chef Challange Tingkat Internasional;
Juara 3 MTQ Mahasiswa Nasional XV Tahun 2017;
Terbaik Putri Perwakilan Jambore Pemuda Daerah Balikpapan 2017;
Juara I Lomba Gambar AutoCad.

Hadirin undangan yang terhormat dan para wisudawan yang saya banggakan.
Pada Upacara Wisuda ke-13 tahun 2016/2017 ini, atas nama Politeknik Negeri Balikpapan, seluruh pimpinan Poltekba mengucapkan selamat atas keberhasilan para wisudawan yang telah menyelesaikan pendidikan di kampus tercinta ini. Secara khusus kami mengucapkan selamat kepada para wisudawan yang lulus dengan predikat terbaik untuk masing-masing jenjang sebagai berikut:
Tertinggi Pertama diraih Oleh Program Studi Teknik Elektronika, atas nama Eurica Andrea Wijaya, NIM 140309252093 dengan nilai 3.99;
Tertinggi Kedua diraih Oleh Program Studi Teknik Sipil atas nama Avica Widya Anggraeny, NIM 140309240092 dengan nilai 3.94;
Tertinggi Ketiga diraih oleh Program Studi Tata Boga atas nama Andi Syamsiah Diana =, NIM 140309254994 dengan nilai 3.83;
Tertinggi Keempat diraih Oleh Program Studi Alat Berat atas nama Khoirul Huda, NIM 140309235291 dengan nilai 3.65.
Selanjutnya kepada seluruh wisudawan yang saya banggakan, kami titipkan nama baik Poltekba. Tetaplah menjalin tali “silaturahim” dengan almamater, agar kita bersama-sama bahu membahu mendarmabaktikan potensi kita masing-masing untuk kita transformasikan menjadi kemaslahatan bagi bangsa dan negara Indonesia.

Hadirin yang terhormat dan para wisudawan yang saya banggakan.
Mengakhiri pidato ini, kami ingin menyampaikan ucapan selamat dan rasa bangga kepada para orang tua wisudawan. Kami sampaikan pula ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada:
para dosen yang telah berhasil mengantarkan keberhasilan para wisudawan,
seluruh tenaga kependidikan dan para pemangku kepentingan yang telah berkontribusi pada penyelenggaraan pendidikan para wisudawan,
panitia pelaksana wisuda yang telah bekerja keras menyukseskan acara ini, dan
hadirin yang terhormat yang dengan penuh perhatian dan kesabaran mengikuti prosesi wisuda ini sehingga terlaksana dengan khidmat.

 

No comments yet

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS