Skip to content

Workshop Penulisan Bahan Ajar POLTEKBA

workshop

Poltekba, Humas – Kegiatan Workshop Penulisan Bahan Ajar dilingkungan POLTEKBA di selenggarakan oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) pembukaan oleh Direktur POLTEKBA pada tanggal 14/8. kegiatan ini dilaksanakan untuk menambah bahan atau materi perkuliahan yang disusun secara sistematis dan digunakan dosen maupun mahasiswa dalam proses perkuliahan (Panen & Purwanto, 2005).

dilandasi untuk meningkatkan efisiensi dan efektifitas proses pembelajaran dilingkungan Poltekba, dipandang perlu mengembangkan kualitas bahan ajar yang memiliki fungsi sangat penting dalam teknologi pembelajaran. Jika pembelajaran dapat tercapai dengan sangat baik, maka tentunya dapat menunjang kualitas lulusan Poltekba. narasumber “Workshop penulisan Bahan Ajar (Modul Cetak & Buku Teks)” adalah DR. Maman Rumanta, M.Si .

Di hari pertama kegiatan workshop ini sudah menyajian materi berupa “Apa, Mengapa & Bagaimana merancang buku ajar/ buku teks dimana pembahasan nya berupa perbedaan bahan ajar dengan buku teks, peran buku ajar, model pengembangan sistematis pembelajaran teknik pengembangan buku ajar, merancang tujuan pembelajaran, syarat perumusan tujuan pembelajaran kompetensi. Setelah dijelaskan maka peserta dapat membuat rancangan buku ajar sesuai tahapan yang telah disediakan.

Hari berikutnya 15/8  penyajian materi 2 berupa perencanaan penulisan buku ajar yaitu pengembangan peta kompetensi melalui analisis instruksional, menyusun garis besar pengembangan buku ajar (GBP-BA) dan outline buku ajar. penyajian materi ini sangat diperlukan oleh dosen agar keterserapan mahasiswa terhadap materi yang disampaikan dapat berjalan efektif. dilanjutkan dengan meteri 3 berupa teknik dan praktek pengembangan buku ajar. dan terakhir rencana evaluasi (model Reviu) dalam pengembangan buku ajar ( evaluasi formatif) guna pencapaian target pengembangan buku ajar. selain itu juga para peserta yang diikuti oleh dosen POLTEKBA turut berlatih untuk membuat bahan ajar ini serta mengevaluasinya secara periodik.

One Comment Post a comment
  1. mantap.. makasih pak info nya

    September 8, 2015

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS