Skip to content

Workshop persiapan Akreditasi Teknik Elektronika

Politeknik Negeri Balikpapan yang di fasilitasi oleh Pusat Pengembangan Pembelajaran & Penjaminan Mutu Pendidikan (P4MP) Poltekba, melakukan persiapan pencapaian akreditasi teknik elektronika dengan menyelenggarakan Workshop Akreditasi Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Balikpapan.

Persiapan yang bertempat di Hotel Menara Bathera pada hari ini (28/10) membahas proses akreditasi yang dilakukan pada tahun 2014 silam, “apa saja kekurangan yang harus dipenuhi dalam Borang, itu yang harus laksanakan’ ujar Ir. Edy Suwarto. M.T selaku Aksesor BAN PT

Selanjutnya kata Ir. Edy Suwarto. M.T. setelah melakukan evaluasi, hasil ini akan di didiskusikan dengan pihak manajemen karena prodi tidak berdiri sendiri dalam pengajuaannya, pasti dibelakangnya didukung oleh institusi.

Dari evaluasi ini harapan kami ada perubahan yang signifikan dalam pencapaian akreditasi khususnya jurusan teknik elektronika “ ujar, Ida Bagus Dharmawan, S.T., M.Si

 

Akreditasi bagi sebuah perguruan tinggi baik perguruan tinggi negeri maupun perguruan tinggi swasta menjadi ruh agar institusinya “dilirik” oleh calon mahasiswa. Beragam prasyarat agar sebuah perguruan tinggi bisa naik tingkat akreditasinya. Tentunya perguruan tinggi yang bersangkutan haruslah memiliki kemampuan menembus prasyarat yang ditetapkan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Akreditasi BAN-PT bertujuan untuk menentukan kelayakan program dan/atau satuan pendidikan. Ada tiga kategori akreditasi yakni A untuk perguruan tinggi yang memiliki peringkat kelayakan tertinggi. Disusul dengan kategori B dan C.

Hasil peringkat akreditasi yang dikeluarkan oleh BAN-PT ini penting diketahui saat akan memilih perguruan tinggi, baik swasta maupun negeri. Jurusan atau satuan pendidikan yang terakreditasi merupakan salah satu syarat mengeluarkan sertifikat atau ijazah. Ini berdasarkan mandat dari UU Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wewenang BAN-PT sebagai lembaga independen yang mengeluarkan akreditasi mulai diemban sejak 1994. Ini berlandaskan UU UU No. 2 tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional dan diperkuat dengan PP No. 60 tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi.

BAN-PT merupakan satu-satunya badan akreditasi yang diakui pemerintah. Adapun wewenang BAN-PT adalah melaksanakan sistem akreditasi pada semua institusi pendidikan tinggi meliputi Perguruan Tinggi Negeri (PTN), Perguruan Tinggi Swasta (PTS), Perguruan Tinggi Agama (PTA) dan Perguruan Tinggi Kedinasan (PTK), program pendidikan jarak jauh, serta program-program kerjasama dengan institusi pendidikan tinggi di dalam negeri yang ditawarkan oleh institusi pendidikan tinggi dari luar.

Berikut ini beberapa kriteria penilaian untuk akreditasi lembaga, antara lain:

  1. Izin penyelenggaraan pendidikan tinggi
  2. Persyaratan dan kelayakan penyelenggaraan pendidikan tinggi
  3. Relevansi penyelenggaraaan program pendidikan dengan pembangunan
  4. Kinerja perguruan tinggi
  5. Efisiensi pengelolaan perguruan tinggi
  6. Sedangkan kriteria penilaian untuk akreditasi program studi antara lain:

 

Identitas

  1. Izin penyelenggaraan program studi
  2. Kesesuaian penyelenggaraan program studi dengan peraturan perundang-udangan
  3. Relevansi penyelenggaraan program studi
  4. Sarana dan prasarana
  5. Efisiensi penyelenggaraan program studi
  6. Produktivitas program studi
  7. Mutu lulusan

Klasifikasi penilaian untuk semua kriteria tersebut ditentukan oleh tiga  aspek, yaitu mutu (bobot 50%), efisiensi (25%), dan relevansi (25%). Sesudah melalui penghitungan semua nilai kriteria, akan diperoleh peringkat akreditasi perguruan tinggi sebagai berikut:

Nilai       Peringkat

0 – 400                  NA

401 – 500             C

501 – 600             B

601 – 700             A

Hasil akreditasi yang sudah dikeluarkan BAN-PT ini semoga bisa memacu para civitas akademika di perguruan tinggi untuk makin meningkatkan kualitas pendidikan dan beragam sarana pendukung pendidikan.

Sumber

Mengenal Lebih Dalam Akreditasi Perguruan Tinggi

 

No comments yet

Leave a Reply

You may use basic HTML in your comments. Your email address will not be published.

Subscribe to this comment feed via RSS