Kuliah di Poltekba

Perhotelan
Akuntansi
Teknik Elektro
Teknik Mesin
Teknik Sipil
Previous
Next

Kota Balikpapan merupakan Kota perdagangan dan jasa, salah satu fokusnya yaitu dunia Pendidikan yang terus berkembang pesat. Saat ini Balikpapan telah memiliki 2 (dua) Perguruan Tinggi Negeri yang terus berkembang. Selain itu kuliah di Balikpapan memberikan beberapa keuntungan salah satunya yaitu dekat dengan industri sehingga diharapkan kepada Perguruan Tinggi yang ada di Balikpapan agar dapat mendukung dan memenuhi kebutuhan industri. Hal tersebut menjadi tantangan dari Perguruan Tinggi di Balikpapan untuk bisa mengembangkan Prodi-prodi yang mampu mensupport secara keseluruhan.

Perkembangan Perguruan Tinggi di Balikpapan ada yang di Bidang Akademik, dan ada pula di bidang vokasi. Terkait bidang Vokasi, jawabannya ada di Politeknik Negeri Balikpapan

Pendidikan vokasi itu sendiri adalah pendidikan yang menekankan pada keahlian praktikal yang dibutuhkan untuk langsung terjun ke dunia kerja. Sama halnya dengan Poltekba, Sistem pengajaran 70% berbasis Praktik dan 30% berbasis teori

Lulus dari bangku SMA atau SMK, terkadang memunculkan dilema hendak memilih untuk melanjutkan di universitas atau politeknik. Hal seperti ini seringkali kurang dipertimbangkan dengan matang. Biasanya menempuh jalur perkuliahan, tak hanya soal ilmu semata, tapi bagaimana lulusan tersebut punya skill dan siap bersaing di dunia kerja.

Nah memilih Politeknik menjadi opsi yang menarik. Politeknik Negeri Balikpapan menawarkan beragam jurusan. Saat ini, kampus vokasi Kota Minyak ini memiliki lima jurusan yakni Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil, Perhotelan dan Akuntansi.

 

Dengan sistem pembelajaran yang mirip dengan dunia di lapangan kerja dan mengedepankan praktik langsung dengan alat-alat yang memang difasilitasi oleh kampus, mahasiswa akan mampu menguasai dan memahami cara kerja alat-alat yang digunakan sesuai dunia kerja.

Selain menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan, lulusan Politeknik dididik untuk memiliki jiwa wirausaha, berbudaya, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Hadirnya IKN yang menunjuk kawasan Sepaku, Penajam Paser Utara, tentu para calon pekerja dituntut memiliki skill dan kompetensi. Nah politeknik merupakan solusinya. Sebab kampus vokasi ini juga dituntut untuk memberikan pengalaman belajar dalam membentuk keahlian dan keterampilan dalam suatu ilmu pengetahuan.

Selain menghasilkan lulusan yang berkualitas dan memiliki keterampilan, lulusan politeknik dididik untuk memiliki jiwa wirausaha, berbudaya, berwawasan lingkungan serta mampu bersaing di tingkat nasional maupun internasional.

Dengan perhatian yang sangat tinggi terhadap perkembangan yang terjadi di dunia industri, kuliah di politeknik diharapkan dapat lebih siap menghadapi dunia kerja dibandingkan dengan jenis perguruan tinggi lainnya.

Keuntungan lain yang didapat yaitu lebih banyak kegiatan praktikum. Sistem belajar mengajar dan kurikulum politeknik pun memiliki perbedaan dengan program pendidikan akademik.

Pun Politeknik Negeri Balikpapan juga telah bekerja sama dengan Management & Science University (MSU) di Malaysia. Kesempatan emas bagi para mahasiswa untuk menimba ilmu di negeri jiran dengan sistem pembelajaran : menempuh kuliah tiga tahun di Poltekba dan satu tahun di MSU. Bahkan jika berkompeten, akan lanjut ke jenjang S2.

Politeknik Negeri Balikpapan juga memberikan peluang sebesar-besarnya bagi para calon lulusan untuk masuk ke dunia kerja. Setiap tahun job fair dilaksanakan. Tahun lalu sukses menggandeng 15 perusahaan yakni PT Ekadharma, PT Equiport Inti lestari, PT Epiroc Southern Asia, Barras Kitchen, PT Karya Bhumi Lestari, PT Sutindo, PT Mutual Plus Global Resources, PT Permodalan Nasional Madani, Hotel Midtown, Hotel Swiss Bell, Hotel Golden Tulip, Hotel Gran Senyiur, Blu Sky Hotel, PT Hexindo dan PT Saba Indomedika.

Jadi raihlah gelar pendidikan tinggi anda bersama Politeknik Negeri Balikpapan. Selain membentuk karakter yang berintegritas, juga didukung dengan lingkungan pembelajaran yang kondusif untuk mengembangkan potensi Anda.

Jangan lewatkan kesempatan ini, bagi kalian yang ingin bergabung, langsung saja bisa berkunjung ke website resmi Politeknik Negeri Balikpapan untuk mengetahui info lengkapnya.

Bagikan artikel ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on linkedin
Share on whatsapp
Share on telegram

Dapatkan selalu setiap update dari kami

copyright @ 2022
All rights reserverd