Jam Operasional 08.00 – 16.00 WITA

Catat Tanggalnya! Poltekba Buka Tiga Jalur Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru

Politeknik Negeri Balikpapan membuka jalur melalui Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB). Tiga jalur dibuka yakni Seleksi Nasional Berbasis Prestasi (SNBP), Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT) dan Seleksi Mandiri.
Untuk Seleksi Nasional Berdasarkan Prestasi (SNBP) dilakukan oleh Tim Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) Tahun 2023. Dibuka sejak 14-28 Februari 2023. Dalam jalur ini, terlebih dahulu para calon melakukan pembuatan akun SNMPB-BPPP dengan ketentuan jadwal 16 Januari hingga 15 Februari 2023. Dilanjutkan dengan penetapan Siswa Eligible Oleh Sekolah, 3 Januari hingga 8 Februari 2023 dan pengisian PDSS pada 9 Januari hingga 9 Februari 2023

Pun dengan jalur Seleksi Nasional Berbasis Tes (SNBT), pendaftaran dibuka sejak 23 Maret-14 April 2023. Dalam jalur ini, peserta SNBT hanya diperbolehkan mengikuti UTBK sebanyak satu kali. Untuk informasi lengkapnya bisa langsung membuka laman https://snpmb.bppp.kemdikbud.go.id.
Dengan sarana dan prasarana sangat menunjang tentu menjadi kesempatan bagi anda untuk menimba ilmu di kampus vokasi asal Kota Minyak ini. Terlebih, dengan ditunjuk nya Kaltim sebagai Ibu Kota Negara baru, para lulusan juga dituntut untuk punya skill dan kualitas.
Kampus yang terletak di Jalan Soekarno-Hatta KM 8, Balikpapan Utara ini memiliki lima jurusan dan sembilan program studi. Sembilan progam studi tersebut meliputi lima jenjang diploma III yakni alat berat, teknik elektronika, teknologi listrik dan tata boga. Empat program studi lainnya yakni di diploma IV (sarjana terapan) meliputi teknologi rekayasa konstruksi jalan dan jembatan, pengelolaan perhotelan (hotel management), perbankan dan keuangan digital serta akuntansi perpajakan.
Nah, Poltekba sangat tepat untuk pilihan pendidikan dan bersaing saat mencari dunia kerja. Mengingat kampus vokasi Kota Minyak ini lebih banyak praktek dari pada teori. Menjadikan kampus yang menyiapkan SDM siap kerja.
Khusus jalur SNBP, dilakukan berdasarkan hasil penelusuran prestasi akademik dengan menggunakan rapor serta portofolio akademik dan non akademik siswa. Rapor yang digunakan adalah semester satu sampai dengan semester lima bagi SMA/SMK/MA dengan masa belajar tiga tahun atau semester satu sampai dengan semester tujuh bagi SMK dengan masa belajar empat tahun.
Portofolio akademik maupun non akademik siswa yang dinilai adalah tiga prestasi terbaik. Sekolah yang mengikutkan siswanya dalam SNBP harus mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN) dan mengisikan data prestasi siswa yang eligible di Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) dengan lengkap dan benar. Siswa yang berhak mengikuti seleksi adalah siswa yang memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN), memiliki prestasi unggul, dan rekam jejak prestasi akademik di PDSS.
Dalam jalur ini, memberikan kesempatan kepada siswa SMA/SMK/MA di dalam dan luar negeri (Sekolah Republik Indonesia/SRI) yang memiliki prestasi unggul untuk menempuh pendidikan tinggi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) Akademik, PTN Vokasi termasuk Universitas Terbuka dan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri (PTKIN).
Untuk ketentuan umum calon pendaftar, siswa yang telah memiliki data di PDSS melakukan pendaftaran SNBP melalui laman https://portal–snpmb.bppp.kemdikbud.go.id dengan menggunakan akun SNPMB-BPPP. Siswa pendaftar harus membaca dan memahami ketentuan SNPMB-BPPP tentang persyaratan yang ditentukan oleh masing-masing PTN Akademik, PTN Vokasi, atau PTKIN