Jam Operasional 08.00 – 16.00 WITA

Poltekba Gelar Sosialisasi Kelas Kerjasama, Kesempatan Studi di Management and Science University Malaysia

Kesempatan emas terbuka lebar oleh mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan.
Terutama mereka yang menempuh studi di jurusan Teknik Mesin, Elektro dan Akuntansi.
Ya kampus vokasi Kota Minyak ini telah melakukan kelas kerjasama dengan Management and Science University (MSU) Malaysia.
Untuk menarik minat, Poltekba melakukan sosialisasi kelas kerjasama, Rabu (15/3/2023). Baik secara tatap muka maupun daring yang dihadiri mahasiswa Poltekba hingga siswa dan siswi serta guru SMK/SMA/MAN.
Mereka mendengarkan pemaparan dari perwakilan MSU Malaysia yakni Country Manager For Indonesia Ahmad Pitra terkait pengalaman sebagai pelajar internasional di MSU Malaysia.
Didampingi Manager Global Affairs Eva Tan Lee Yin, Ahmad Pitra mengatakan MSU Malaysia berkomitmen untuk memberikan layanan pendidikan berkualitas tinggi. MSU fokus pada pendidikan di bidang-bidang penting seperti kedokteran, kesehatan dan ilmu medis, keperawatan, farmasi, manajemen bisnis, akuntansi, perhotelan, hukum, ilmu informasi dan teknik.

Kualitas pendidikan di universitas ini dijaga ketat mengikuti standar pendidikan lokal dan internasional. Jurusan-jurusannya didesain untuk meningkatkan daya saing dalam dunia kerja dan memperkaya pengalaman belajar mahasiswa. “Tentu hal ini yang dapat menjadikan lulusan terbaik dengan peluang kerja di 1700 lebih perusahaan yang telah bekerjasama dengan MSU Malaysia,” kata Ahmad Pitra.
Soal adaptasi, ia mengaku tak perlu khawatir. Karena Malaysia merupakan negara serumpun dengan Indonesia. Jadi tidak jauh berbeda dan banyak kesamaan baik dari segi makanan maupun yang lain. “Jadi ayo ambil kesempatan ini,” ajaknya.
Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Poltekba, Candra Irawan ST., MSi mengatakan kelas kerjasama ini kepada tiga jurusan yakni Teknik Elektro, Mesin serta Akuntansi. Namun, dalam perjalanannya hanya Teknik Mesin dan Elektro.
Dalam program ini, kata dia pendidikan program D3 diadakan di Poltekba dengan gelar ahli madya, kemudian dilanjutkan satu tahun pertama di MSU dan satu tahun kedua dengan gelar master. “Alhamdulillah, alumni Poltekba ada dua yang sudah berada di MSU. Target pak direktur, untuk tahun ini bisa 30 mahasiswa masuk dalam program,” kata Candra Irawan.
Ia pun berharap kerjasama ini bisa berlanjut dengan riset kolaborasi, dosen tamu hingga kerjasama lainnya. “Alhamdulillah pak direktur juga sangat mengapresiasi. Semoga bisa terus berjalan kontinu,” harapnya.
Senada, Direktur Poltekba Ramli, S.E., M.M berharap kerjasama ini bisa terus terjalin. Sehingga antara Poltekba dan MSU bisa saling menguntungkan serta memberikan efek positif.
“Mudahan bisa terus terjalin. Jadi ini kesempatan bagi pelajar Balikpapan untuk masuk ke dalam program pelajar internasional,” ujar Direktur Poltekba