Jalur Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) Tahun 2023

Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (SNBT) merupakan jalur seleksi PMB melalui tes Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK), yang mengukur potensi Skolastik, penalaran matematika, literasi dalam bahasa Indonesia, dan literasi dalam bahasa Inggris. Seleksi ini dapat diikuti oleh siswa SMA/MA/SMK/sederajat dan Kejar Paket C yang lulus tahun 2023, 2022, dan 2021.

Sistem seleksi nasional penerimaan mahasiswa baru berada dibawah koordinasi Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) pada badan standar, kurikulum dan asesmenĀ  pendidikan kemendikbud ristek bekerja sama dengan PTN

SNBT menggantikan SBMPTN dengan tujuan menyambungkan transformasi, perubahan-perubahan, dinamika-dinamika yang sudah dikembangkan melalui kebijakan Merdeka Belajar dari pendidikan dasar hingga menengah dengan transformasi yang dilakukan di pendidikan tinggi dengan Kampus Merdeka. Kebijakan penerimaan mahasiswa baru PTN akan mendorong siswa di pendidikan menengah untuk belajar secara menyeluruh, fokus kepada kemampuan penalaran, lebih inklusif dan lebih mengakomodasi keragaman peserta didik, lebih transparan, dan lebih terintegrasi.