BERITA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Berita

Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Poltekba Kembangkan Irigasi Tetes Berbasis IoT di Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan

26 Jul 2021 20 komentar 103x dilihat

Dosen dan Mahasiswa Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan Kembangkan Irigasi Tetes di Kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan. Saat musim kemarau, Kekeringan di daerah perkebunan milik Bapak Rahman salah satu petani di kelurahan Sepinggan Balikpapan Selatan membuat kondisi tanah tidak layak sebaga lahan berkebun.

Untuk menjawab permasalahan terkait keterbatasan air di bidang pertanian, dibentuklah tim gabungan dosen dan mahasiswa yang dipimpin oleh Qory Hidayati, Teknik Elektro, POLTEKBA bekerjasama dengan salah satu pemilik lahan pertanian di kelurahan Sepinggan untuk membuat lahan percontohan dengan penerapan sistem teknologi irigasi tetes air berbasis IoT.

Sistem ini diharapkan bisa menjadi alternative rujukan kepada para petani desa yang mengalami kendala dalam hal pengairan tanaman.

Menyadari permasalahan ini, sebagai bentuk pengabdian masyarakat, dosen dan mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan (POLTEKBA) membuat inovasi untuk membantu petani. Tim Pengabdian masyarakat ini membuat inovasi, berupa sistem irigasi teknis tetes berbasis IoT (Internet of Things). “Kami survei dulu, kemudian kami kembangkan ke mitra petani tomat dan lombok. Metode yang digunakan dalam merancang sistem irigasi tetes ini, terdiri dari perangkat keras dan perangkat hunak, termasuk pengembangan sistem. Dijelaskan ketua kelompok Qory Hidayati, tujuan merancang sistem irigasti tetes yang dapat dikontrol melalui teknologi IoT, yaitu untuk meningkatkan efisiensi penggunaan air di perkebunan.

Lebih lanjut, mode MCU yang ada di aplikasi store smartphone dapat digunakan sebagai perantara untuk mengirim informasi dan pengontrol penyiraman otomatis dengan kelembaban tanah sebagai parameternya. Dengan adanya alat ini, diharapkan mitra dapat panen lebih dari biasanya, sekaligus meminimalisir penggunaan air dan menghemat tenaga menggunakan penyiraman otomatis.

Penyiramannya melalui selang. Dengan metode ini dapat memantau kondisi tanaman secara real time. Bahkan, lahan juga dapat digunakan tumpang sari dengan tanaman tomat. Untuk daya tampung air, kami menggunakan water banking.katanya.

Perlu diketahui, kelompok yang terdiri dari Qory Hidayati, S.T, M.T, Nurwahidah Jamal, S.T, M.T dan Zulkarnaian, M.Pd adalah dosen dari Program Studi Teknik Elektronika Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Balikpapan yang aktif setiap tahun nya melakukan pengabdian masyarakat untuk warga.

Berita Terbaru

Berita 23 Jul 2021
Era dunia digital semakin canggih. Namun, dunia yang kian canggih masih saja dimanfaatkan dengan...
Berita 13 Jul 2021
Kesempatan emas bagi para mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba). Terutama bagi mereka...