EXPO TEKNIK ELEKTRONIKA TAHUN 2020

1024 682 Politeknik Negeri Balikpapan

 

Pameran dan Business Matching Produk Mahasiswa Program Magang ini dilaksanakan pada hari Kamis, 19 November 2020 di Lapangan Parkir Gedung Elektronika Politeknik Negeri Balikpapan dengan tema “Peran Mahasiswa dalam Revolusi Industri serta mewujudkan Mahasiswa yang Mandiri, Terampil, Inovatif dan Kreatif”. Kegiatan ini merupakan Program Penguatan Pendidikan Tinggi Vokasi Program Studi Teknik Elektronika yang bekerjasama dengan Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro untuk pelaksanaan nya,  dan dalam kegiatan ini juga diadakan penilaian terhadap Project Mahasiswa Semester V pada Program Magang Kelas Kerjasama dan Ekonomi Kreatif

Selain Direktur dan Dosen Teknik Elektro, turut hadir pula beberapa perwakilan industri mitra Jurusan Teknik Elektro yaitu dari PT. Telkomsel, Dilo Balikpapan, PT. Indonesia Comnet Plus (ICON+), Diskominfo Balikpapan, dan Bappeda Kota Balikpapan yang juga diundang untuk menjadi tim penilai dari project mahasiswa tersebut.

Dalam sambutannya Direktur Poltekba Ramli, S.E., M.M sangat mengapresiasi kegiatan ini dan berharap hal ini dapat menjadikan Mahasiswa Teknik Elektro dapat menyadari akan pentingnya mengembangkan potensi dan memiliki keahlian dalam dunia bisnis serta dapat lebih termotivasi untuk menciptakan alat yang bermanfaat bagi masyarakat sekitar.

Pada kegiatan ini Peserta Pameran dan Business Matching Elektronika melakukan presentasi project dari masing-masing tim yang berasal dari Tim Program Magang Kelas Kerjasama (PMKK) Teknik Elektro. Selain pameran, acara ini juga diisi dengan pertunjukan tari tradisional dan live music dari mahasiswa Politeknik Negeri Balikpapan.

Ada 9 (sembilan) project mahasiswa yang dinilai pada kegiatan pameran ini yaitu, Alat Penyiraman Otomatis Berbasis IOT, Alat Pengukur Suhu Non Kontak Berbasis IOT, Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Node MCU, Aplikasi Pemilahan Sampah “Pilah Yuk”, Pengontrol Suhu Ruangan Hidroponik dan Water Level Sensor Berbasis IOT, serta Bilik Disinfektan Otomatis & Box UV Sterilizer, Pendeteksi Kebocoran Gas, Pendeteksi hujan, Penghitung Umur Jamur Tiram Berbasis IOT

Setelah melalui proses presentasi dan penilaian dari beberapa Juri maka ditentukanlah pemenang dengan nilai tertinggi yaitu dari Tim Automatication dengan penemuan alat Pakan Ikan Otomatis Menggunakan Node MCU dengan tujuan untuk memudahkan Peternak Ikan membudidayakan ikan dalam jangka panjang serta untuk meningkatkan hasil panen. Alat ini dapat berfungsi sebagai pengingat jadwal pemberian pakan ikan, menginformasikan jika pakan habis dan dapat mengatur seberapa banyak pemberian pakan. sehingga peternak dapat mengatur secara jarak jauh dengan syarat peternak dalam jangkauan internet.

Pemenang ke dua yaitu dari Tim 8 dengan penemuan Aplikasi Pemilahan Sampah “Pilah Yuk”. Aplikasi ini bertujuan untuk membangun kepedulian masyarakat terhadap sampah di sekitar. Selain itu dengan menggunakan aplikasi ini maka masyarakat dapat merasakan manfaat ekonomi langsung dari sampah sehingga dapat dijadikan solusi untuk mencapai pemukiman yang bersih dan nyaman bagi masyarakat. Cara kerja aplikasi ini adalah sebagai penghubung antara masyarakat dengan pengepul sampah sehingga memudahkan kerja pengepul untuk mencari sampah yang akan dipilah.

Adapun untuk juara stand terfavorit dari Jurusan Akuntansi. Ucapan terima kasih disampaikan kepada Para Tamu Industri Mitra Jurusan Teknik Elektro, dan Sivitas Akademika Politeknik Negeri Balikpapan yang telah hadir dan mendukung suksesnya acara Expo Teknik Elektronika Tahun 2020.

Leave a Reply

Your email address will not be published.