FGD Pemetaan SDM Berkeahlian

1024 683 Politeknik Negeri Balikpapan

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan dalam kunjungannya ke Kalimantan Timur tepatnya di Balikpapan mengadakan Focus Group Discussion (FGD) Pemetaan SDM Berkeahlian yang dilaksanakan di Politeknik Negeri Balikpapan pada hari Rabu, 21 Agustus 2019 dan dihadiri oleh Peserta dari seluruh perguruan Tinggi se-Balikpapan dengan tema “Identifikasi potensi SDM berkeahlian dalam rangka mendukung penguatan Jasa Konsultan dalam Pembangunan Nasional”.

Adanya visi pembangunan Indonesia jangka panjang 2005-2025 periode 2020-2024 untuk menuju Indonesia berpenghasilan menengah-tinggi yang sejahtera, adil, dan berkesinambungan merupakan latar belakang diadakannya kegiatan ini. Salah satu strategi yang dilakukan adalah pembangunan di berbagai bidang dengan menekankan terbangunnya struktur perekonomian yang kokoh berlandaskan keunggulan kompetitif di berbagai wilayah yang didukung oleh sumber daya manusia (SDM) yang unggul dan berdaya saing. Adapun salah satu tantangannya adalah terbatasnya informasi terhadap ketersediaan skill yang diperlukan. Dan belum adanya mekanisme identifikasi SDM berkeahlian (jasa konsultan) yang relevan dengan penguatan daya saing nasional. Melalui Perguruan Tinggi sebagai “penyedia” utama di sisi hulu atas SDM berkeahlian tinggi (high skill), maka ketersediaan data dan informasi diperlukan oleh Bappenas dalam menyusun rencana peningkatan ketersediaan dan kualitas tenaga kerja yang berkeahlian.

Tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan identifikasi dan pemetaan kondisi sumber daya manusia (SDM) berkehalian tinggi yag berpotensi memperkuat jasa konsultasi nasional dalam upaya meningkatkan daya saing nasional, serta mendapat masukan langkah-langkah strategis yang dibutuhkan sebagai tindak lanjut pelaksanaan Permen PPN/Kepala Bappenas Nomro 4 Tahun 2018 tentang  “Pengembangan dan Pembinaan Jasa Konsultan Nasional” dan penguatan SDM berkeahlian tinggi di masa mendatang.

Adapun Narasumber pada kegiatan FGD ini adalah Dr. Ir. Taufik Hanafi, MUP (Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi, dan Pengendalian Pembangunan, Kementerian PPN/Bappenas), Ramli, S.E., M.M. (Direktur Politeknik Negeri Balikpapan), Prof. Ir. Budi Santosa Purwokartiko, Ph.D. (Rektor Institut Teknologi Kalimantan), dan Dr. Ir. Budhi Santoso, MA. (Perencana Ahli Utama, Kementerian PPN/Bappenas).

Hasil dari pertemuan tersebut adalah berbentuk kesimpulan terhadap pelaksanaan pemenuhan SDM di Kalimantan Timur beserta hambatan yang ada pada persoalan lemahnya anggaran, pemenuhan SDM yangberkompeten, serta biaya hidup yang tinggi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.