PELAKSANAAN SNITT KE-3 POLTEKBA TAHUN 2020 SUKSES DIGELAR SECARA DARING

1024 560 Politeknik Negeri Balikpapan

Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan (SNITT) Tahun 2020 merupakan pelaksanaan ke-3 kalinya yang diselenggarakan oleh Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (P3M) Politeknik Negeri Balikpapan dengan tema “Technology Innovation Challenge & Opportunity for Sustainable Development”. Kegiatan tahun ini dilaksanakan secara daring (online) pada tanggal 7 November 2020 sebagai upaya Poltekba untuk mencegah penyebaran virus covid-19 di tengah wabah yang masih melanda Negara Indonesia khususnya Kota Balikpapan.

Kegiatan yang dihadiri oleh Direktur Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemendikbud, Dr. Beny Bandanadjaja, S.T., M.T. dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan terima kasih kepada Poltekba yang telah berkontribusi mewujudkan pelaksanaan Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan yang berkualitas dan diharapkan adanya kerjasama sinergi antar berbagai pihak dapat terus ditingkatkan. Selain menghadirkan  Direktur Dikti Vokasi dan Profesi, Panitia kegiatan juga menghadirkan 3 (tiga) Keynote Speakers yaitu Dr. Ir. Muchamad Oktaviandri Says, M.T., IPM., P.Eng., ASEAN.Eng. dari Universitas Malaysia Pahang dan Universitas Bung Hatta. Keynote Speaker 2 yaitu Dr. Ir. Dudi Hidayat, M.Sc. selaku Kepala Pusat Penelitian Kebijakan dan Manajemen Ilmu Pengetahun Teknologi dan Inovasi, LIPI. serta Prof. Fathul Wahid, S.T., M.Sc., Ph.D. yang merupakan Rektor Universitas Islam Indonesia.

Adapun bidang kajian pada kegiatan seminar ini yaitu Mechanical Engineering, Civil Engineering, Electrical & Informatics Eng, Business & Management, Tourism Hispitality & Gastronomy, Vocational Education, dan Sosial Science. Kegiatan ini diikuti oleh 118 Peserta dari seluruh Perguruan Tinggi dan Satker di seluruh Indonesia dengan rincian Pemakalah sebanyak 86 orang, dan sisanya sebagai Non Pemakalah.  Pemakalah dibagi menjadi 6 kelas paralel yang dimoderatori oleh setiap Dosen dari masing-masing bidang kajian. untuk mempresentasikan hasil penelitian yang telah didaftarkan sehingga nantinya akan dipilih 3 paper dan 3 presenter terbaik. Paper yang telah dipresentasikan akan dipublikasikan ke dalam Prosiding Ber-ISBN dan untuk Selected paper  dipublish di Jurnal Teknologi Terpadu (JTT) Poltekba, Jurnal Sains Terapan (JST) Poltekba, Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan (JSHT) Poltekba dengan peringkat SINTA 4 .

 

Kesuksesan acara ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak antara lain Manajemen Poltekba, Panitia SNITT ke-3 Poltekba, Direktur  Pendidikan Tinggi Vokasi dan Profesi Kemdikbud, Para Keynote Speakers dan Seluruh Peserta SNITT ke-3 serta beberapa pihak perusahaan yang telah menjadi sponsor pada kegiatan ini yaitu PT.Indonesia Comnet Plus (ICON +), PT. Telkomsel, dan Tribun Kaltim.

Leave a Reply

Your email address will not be published.