BERITA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

Berita

Pendidikan Pancasila Bentuk Pemahaman dan Penghayatan Mahasiswa Terkait ideologi Bangsa Indonesia

03 Jun 2021 20 komentar 41x dilihat

Selasa (1/6/2021) tepat memperingati Hari lahir Pancasila. Banyak hal yang memaknai hari kelahiran pancasila sebaga dasar negara Indonesia.

Ya Wakil Direktur 1 Bidang Akademik dan Penjaminan Mutu Poltekba, Hilmansyah ST MT mengatakan kelahiran pancasila menjadi jalan hidup bangsa Indonesia yang mengandung falsafah bahkan ideologi itu sendiri.

”Hari Lahir Pancasila sebagai jembatan untuk mengingat kembali perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila. Tak hanya mengingat, tetapi juga mengenang, menghormati, juga menghargai,“ kata Hilmansyah ST MT kepada KaltimKita.com.

Keterkaitan dengan dunia pendidikan, kata dia yaitu mata kuliah pendidikan Pancasila ini dapat lebih fokus dalam membina pemahaman dan penghayatan mahasiswa mengenai ideologi bangsa Indonesia.

”Artinya, pendidikan Pancasila diharapkan menjadi roh dalam membentuk jati diri mahasiswa dalam mengembangkan jiwa profesionalitas mereka sesuai dengan bidang studi masing-masing,“ jelasnya.

Nah, pada momen peringatan hari lahirnya pancasila sebetulnya banyak sekali nilai-nilai yang bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama peran sebagai generasi muda dan seorang pelajar.

Nilai-nilai pancasila dapat diterapkan mulai dari lingkungan keluarga hingga ke tempat pergaulan.

Semua dapat melakukannya dengan cara menghormati antar sesama anggota kaluarga, sikap saling menghormati antar mahasiswa, menghormati guru dan dosen serta selalu berusaha untuk mendapatkan prestasi.

”Dengan peringatan hari lahir Pancasila ini, diharapkan bangsa Indonesia ke depannya dapat lebih mampu membangun jiwa, badan, untuk Indonesia yang lebih baik,” pungkasnya.

Sumber : KaltimKita.com, BALIKPAPAN

Berita Terbaru

Berita 14 Mei 2021
Bersama berakhirnya Bulan Suci Ramadhan, dengan segala kerendahan dan keikhlasan hati ijinkan Kami...
Berita 14 Mei 2021
Politeknik Negeri Balikpapan (Poltekba) melalui Pusat Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat...