POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN KEMBALI MELAKSANAKAN PKM “PENINGKATAN MUTU PENGAJARAN BAGI GURU DI BALIKPAPAN PADA ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 “

624 324 Politeknik Negeri Balikpapan

Media pembelajaran interaktif  berbasis I-Spring merupakan media pembelajaran yang memberikan kemudahan bagi tenaga pendidik (guru) dalam mentransfer materi bahan ajar disertai kuis/soal latihan secara online yang terintegrasi dalam satu file berformat firefox html kepada peserta didik melalui komunikasi antara manusia dan teknologi berdasarkan sistem dan infrastruktur berupa program aplikasi serta pemanfaatan media elektronik yang merupakan bagian dari metode edukasinya.

Berdasarkan alasan tersebut, empat dosen Jurusan Teknik Elektronika Politeknik Negeri Balikpapan tergabung dalam satu team PkM yaitu Andi Sri Irtawaty, S.T., M.Eng., Maria Ulfah, S.T., M.T., Drs. Armin, M.T., dan Syafruddin, S.T., M.T. dibantu 2 orang mahasiswa Reina Eka Elfira Tamzil dan Adam Nur Awal Syachdita sebagai asisten pendamping menyelenggarakan Pelatihan berjudul “Penerapan Informasi Dan Communication Of Technology (ICT) Dalam Peningkatan Mutu Pengajaran Bagi Guru Di Balikpapan Pada Era Revolusi Industri 4.0”, yang telah diselenggarakan di dua tempat yaitu di SMP Negeri 15 Balikpapan pada tanggal  18 – 20 Juli 2019 dan di SMK Negeri 6 Balikpapan pada tanggal 29 – 31 Juli 2019.

Kegiatan pelatihan tersebut mendapat respon positif dari para guru di kedua sekolah tersebut. Tanggapan mitra SMP Negeri 15 Balikpapan, yang diwakili oleh Kepala Sekolahnya, Hj. Juraidah, S.Pd., M.Pd memaparkan kesan-kesannya yaitu merasa bersyukur dengan adanya kegiatan pelatihan tersebut karena memberikan dampak positif yang luar biasa bagi para guru yang akhirnya dapat membuat media pembelajaran yang inovatif dan kreatif bagi para siswa, sehingga suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) menjadi lebih menyenangkan.

Demikian pula sambutan kepala sekolah SMK Negeri 6 Balikpapan, Drs. H. Asmid Noor, M.Pd saat pembukaan kegiatan pelatihan tersebut disampaikan bahwa semoga dengan adanya kegiatan ini dapat terus menjalin tali silaturahmi yang baik antara Politeknik Negeri Balikpapan dengan SMK Negeri 6 Balikpapan untuk ke depannya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.