Informasi SPMB 2021

1. Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri ( SNMPTN )

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/atau bentuk lain sederajat yang akan lulus Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penelusuran prestasi akademik dan non-akademik selama calon mahasiswa berada di SMA/SMK/MA/MAK. Penentuan kelulusannya berdasarkan nilai raport dan piagam/sertifikat kegiatan ko-kurikuler atau ekstrakurikuler (portofolio).

2. Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN)

Jalur SBMPN diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun Pelajaran 2021/2022 yang sistem seleksinya mengacu pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

3.  Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/atau bentuk lain sederajat yang akan lulus Tahun Pelajaran 2021/2022 melalui penelusuran prestasi akademik dan non-akademik selama calon mahasiswa berada di SLTA. Penentuan kelulusannya berdasarkan nilai raport dan piagam/sertifikat kegiatan ko-kurikuler atau ekstrakurikuler. Apabila yang bersangkutan tidak lulus dalam ujian nasional, maka status sebagai mahasiswa bersangkutan dibatalkan.

4.  Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

Jalur SBMPN diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2019, 2020, dan 2021 yang sistem seleksinya mengacu pada Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN).

5.  Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)

Jalur UMM diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2019, 2020, dan 2021 yang sistem seleksinya dilakukan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Balikpapan menggunakan fasilitas komputer.

6. Khusus Program KIP Kuliah 

Penerima KIP Kuliah adalah Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), atau bentuk lain yang sederajat yang akan lulus pada tahun berjalan atau lulus 2 (dua) tahun sebelumnya, informasi KIP Kuliah ada pada PEDOMAN PENDAFTARAN KIP Kuliah

Untuk tata cara pendaftaran silahkan klik disini

JURUSAN / PROGRAM STUDI DI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

PROGRAM SARJANA

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK SIPIL Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan (TRKJJ) Diploma IV (Sarjana Terapan) SMA/SMK/MA/MAK

(Semua Jurusan)

TATA NIAGA AKUNTANSI Akuntansi Perpajakan (AKP) Diploma IV (Sarjana terapan)

 

PROGRAM DIPLOMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK MESIN Alat Berat ( AB ) Diploma III

SMA/SMK/MA/MAK

(Semua Jurusan)

TEKNIK ELEKTRO Teknik ELektro ( TE ) Diploma III
Teknologi Listrik ( TL ) Diploma III
TEKNIK SIPIL Teknik Sipil ( TS ) Diploma III
TATA NIAGA PERHOTELAN Tata Boga ( TB ) Diploma III
Divisi Kamar ( DK ) Diploma III
AKUNTANSI Perbankan dan Keuangan ( PK ) Diploma III

 

JURUSAN / PROGRAM STUDI KELAS KERJA SAMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
DENGAN MANAGEMENT & SCIENCE UNIVERSITY ( MSU ) MALAYSIA

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK MESIN Alat Berat ( Mechanical Engineering ) Diploma III / S1 & S2 SMA / SMK / ( Semua Jurusan )
TEKNIK ELEKTRO Teknik Elektronika ( ELectrical & ELectronics Egineering ) Diploma III / S1 & S2
TATA NIAGA AKUNTANSI Perbankan dan Keuangan ( Accountancy ) Diploma III / S1 & S2

 

JURUSAN/PROGRAM STUDI KELAS KERJASAMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DENGAN POLITEKNIK NEGERI BALI

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KET
TATA NIAGA AKUNTANSI Akuntansi Manajerial D-IV SMA/SMK ( Semua Jurusan )

 

  • Jalur SNMPTN dapat memilih 2 Program Studi dari 1 PTN atau 2 PTN. Jika memilih 2 prodi, salah satu harus berada di PTN pada provinsi yang sama dengan SMA/MA/SMK asalnya. Jika memilih 1 prodi, dapat memilih PTN yang berada di provinsi mana pun. Untuk informasi lebih lanjut dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;
  • Jalur SBMPTN dapat memilih 2 Program Studi di 1 PTN atau masing-masing 1 prodi pada 2 PTN. Untuk informasi lebih lanjut dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;
  • Jalur SNMPN dapat memilih 3 Program Studi di 2 Politeknik Negeri;
  • Jalur SBMPN dapat memilih 3 Program Studi pada bidang yang sama di 3 Politeknik Negeri;
  • Jalur UMM dapat memilih 2 Program Studi pada bidang yang berlainan.

Persyaratan Umum

  1. Warga Negara Indonesia, berbadan sehat dan bebas narkoba.
  2. Tidak buta warna (kecuali untuk Program Studi : Perbankan dan Keuangan dan Divisi Kamar).
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Mempunyai minat yang serius dan motivasi yang tinggi untuk menempuh studi di Politeknik Negeri Balikpapan.
  5. Memiliki kartu BPJS Kesehatan / Asuransi Kesehatan lainnya

Persyaratan Pendaftaran

  • Jalur SNMPTN Dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;
  • Jalur SBMPTN Dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;

 

Persyaratan Pendaftaran Jalur SNMPN

  1. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala sekolah;
  4. Bersangkutan sedang duduk di Kelas XII Tahun Pelajaran 2021/2022 dan Peserta Ujian Nasional Tahun 2021 dari Kepala Sekolah;
  5. Tidak pernah tinggal kelas;
  6. Prestasi belajar selama di SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat dari Semester 1, 2, 3, 4, 5 memiliki nilai rata-rata minimum 7,0 (pada setiap semester) yang ditunjukkan dengan fotokopi rapor yang sudah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan prestasi akademik
  7. Prestasi Non Akademik tingkat kota, Provinsi, Regional, Nasional dan Internasional (jika ada);

Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) / Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat melampirkan fotocopy Surat Tanda Kelulusan yang di legalisir untuk lulusan Tahun 2019 dan 2020 atau fotocopy Surat Keterangan Lulus (SKL yang dilegalisir) bagi siswa lulusan Tahun 2021;
  2. Prestasi Non Akademik tingkat kota, Provinsi, Regional, Nasional dan Internasional (jika ada);
  3. Jalur Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) / Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)

JALUR SNMPTN

  1. Tata cara pendaftaran dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;
  2. Calon mahasiswa melengkapi berkas persyaratan administrasi, antara lain:
  • Bukti pendaftaran pada jalur SNMPTN;
  • Pas photo terbaru terbaru (berwarna) 4×6 cm 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2 );
  • Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (FRM.SPMB.08.03.0);
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik (butir sebelumnya) yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP yang sudah di legalisir DUKCAPIL (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

JALUR SBMPTN

  1. Tata cara pendaftaran dapat di lihat pada laman https://ltmpt.ac.id;
  2. Calon mahasiswa melengkapi berkas persyaratan administrasi, antara lain:
  • Bukti pendaftaran pada jalur SBMPTN;
  • Pas photo terbaru terbaru (berwarna) 4×6 cm 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (FRM.SPMB.08.03.0);
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik (butir sebelumnya) yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

  1. Sekolah menerima username dan password dari Politeknik Negeri untuk bisa masuk ke aplikasi pendaftaran SNMPN;
  2. Sekolah mendaftarkan diri sebagai pemberi rekomendasi di http://snmpn.politeknik.or.id;
  3. Sekolah merekomendasikan siswa untuk mendapatkan kode akses bagi siswa ke http://snmpn.politeknik.or.id ;
  4. Sekolah mengisi data prestasi ekstra kurikuler serta capaian diluar nilai rapor di http://snmpn.politeknik.or.id;
  5. Siswa mengisi seluruh form isian pendaftaran di laman http://snmpn.politeknik.or.id dan untuk pusat bantuan di http://bantuan.snmpn.politeknik.or.id/
  6. Calon mahasiswa melengkapi berkas persyaratan administrasi, antara lain :
  • Bukti pendaftaran pada laman http://snmpn.politeknik.or.id;
  • Pas photo terbaru (berwarna) 4×6 cm 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (FRM.SPMB.08.03.0);
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

Calon mahasiswa menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

  1. Siswa melakukan pembayaran Pendaftaran ke Bendahara SPMB atau Transfer ke Rek Bank BRI Rek 0121.01.002270.30.4 A/n BPN 047 Politeknik Negeri Balikpapan untuk memperoleh PIN Pendaftaran, Upload Bukti Pembayaran Pendaftaran pada laman http://spmb.poltekba.ac.id ;
  2. Registrasi Online http://spmb.poltekba.ac.id;
  3. Cetak Kartu Peserta SBMPN (minimal 2 lembar) di http://spmb.poltekba.ac.id;
  4. Siswa yang dinyatakan Lulus Tes Akademik Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) wajib melengkapi berkas persyaratan administrasi untuk seleksi akhir, antara lain:
  • Kartu Peserta SBMPN;
  • Pas photo terbaru terbaru (berwarna) ukuran 4×6 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan Tahun kelulusan 2019, dan 2020;
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan tahun kelulusan 2021 untuk ijazah dan transkrip nilai yang belum diterbitkan, (Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang; telah dilegalisir wajib diserahkan pada waktu daftar ulang);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai- (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli;
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik (butir VI) yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan:
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

  1. Siswa melakukan pembayaran Pendaftaran ke Bendahara SPMB atau Transfer ke Rek Bank BRI Rek 0121.01.002270.30.4 A/n BPN 047 Politeknik Negeri Balikpapan untuk memperoleh PIN Pendaftaran, Upload Bukti Pembayaran Pendaftaran pada laman http://spmb.poltekba.ac.id;
  2. Registrasi Online http://spmb.poltekba.ac.id;
  3. Cetak Kartu Peserta UMM (minimal 2 lembar) http://spmb.poltekba.ac.id;
  4. Siswa yang dinyatakan Lulus Tes Akademik Ujian Masuk Mandiri (UMM) wajib melengkapi berkas persyaratan administrasi untuk seleksi akhir, antara lain:
  • Kartu Peserta UMM;
  • Pas photo terbaru terbaru (berwarna) ukuran 4×6 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan Tahun kelulusan 2019, dan 2020;
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan tahun kelulusan 2021 untuk ijazah dan transkrip nilai yang belum diterbitkan (Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang; telah dilegalisir wajib diserahkan pada waktu daftar ulang);
  • Surat Pernyataan Kesediaan & Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli;
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP ( Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

Pendaftaran KIP KULIAH dapat diikuti pada Jalur SNMPN, SBMPN dan MANDIRI dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan, silahkan mendaftar dan melengkapi data pada
https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id/siswa/auth/login.

Calon mahasiswa mengumpulkan berkas sesuai Jalur seleksi yang diikuti beserta berkas pengajuan KIP KULIAH dibawah ini, diantaranya:

  1. Bukti pendaftaran dan Formulir pada laman https://kip-kuliah.kemdikbud.go.id;
  2. Fotokopi ijazah dan transkrip nilai yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah (Khusus tahun lulus 2019 dan 2020);
  3. Surat keterangan berada dikelas XII dan akan mengikuti Ujian Akhir Nasional dari sekolah / Surat keterangan Lulus (khusus tahun lulus 2021) dari sekolah;
  4. Fotocopi Kartu Bantuan Pemerintah, yaitu Kartu Indonesia Pintar (KIP), atau Program Keluarga Harapan (PKH), atau Keluarga Sejahtera (KKS), atau Ketarangan anak panti sosial, atau Keterangan Penghasilan Orang Tua/Wali, atau Surat Keterangan Tidak Mampu yang dapat dibuktikan kebenarannya, yang dikeluarkan oleh Kepala Desa/Kepala Dusun/Instansi tempat orang tua bekerja/tokoh masyarakat.
  5. Fotokopi Bukti pembayaran Rekening Listrik/ bukti pembelian Voucher Listrik , Rekening Air (3 bulan terakhir) dan bukti pembayaran PBB (jika rumah milik sendiri);
  6. Sketsa Alamat Rumah Tinggal Pendaftar KIP Kuliah pada form FRM.SPMB.08.08.0.01 ;
  7. Foto Rumah, Tampak depan, Dalam dan Samping pada Form FRM.SPMB.08.09.0.01 ;

Calon mahasiswa wajib menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map merah, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).

JALUR MEKANISME SELEKSI
SNMPTN
SNMPN
1 Seleksi Akademik ( Berkas Pendaftaran )
2 Pengumuman Seleksi Akademik
3 Tes Kemampuan Bahasa Inggris
4 Tes Kesehatan
5 Tes Wawancara
6 Pengumuman Akhir
SBMPTN
SBMPN
1 Tes Akademik
2 Pengumuman Seleksi Akademik
3 Tes Kemampuan Bahasa Inggris
4 Tes Kesehatan
5 Tes Wawancara
6 Pengumuman Akhir
UMM 1 Tes Akademik
2 Pengumuman Seleksi Akademik
3 Tes Kemampuan Bahasa Inggris
4 Tes Kesehatan
5 Tes Wawancara
6 Pengumuman Akhir

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru menegakkan prinsip ekuitas (tanpa membedakan) suku agama, ras, antar golongan, serta status sosial dan politik.

Materi tes bagi calon mahasiswa sebagai berikut:

JALUR SNMPTN, SNMPN DAN SBMPTN

  1. Seleksi Berkas dan Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)

JALUR SBMPN DAN UMUM

Jurusan Rekayasa, Meliputi :

  • Matematika;
  • Bahasa Inggris;
  • Bahasa Indonesia;
  • Fisika;
  • Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)

 

Jurusan Tata Niaga, Meliputi :

  • Matematika;
  • Bahasa Inggris;
  • Bahasa Indonesia;
  • Ekonomi & Akuntansi;
  • Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)

 

Tes kesehatan dilakukan oleh Dokter yang telah ditentukan oleh Politeknik Negeri Balikpapan. Tes kesehatan mencakup sebagai berikut :

  • Bebas Hepatitis;
  • Bebas Narkoba;
  • Tidak mempunyai cacat tubuh yang mengganggu aktivitas perkuliahan;
  • Tidak buta warna;
  • Tidak bertindik bagi laki-laki, dan hanya terdapat 1 tindik bagi perempuan pada setiap daun telinga;
  • Tidak bertato


Khusus calon mahasiswa yang berdomisili diluar Balikpapan, tes kesehatan dapat dilakukan di Dokter Pemerintah setempat dengan ketentuan tersebut diatas. Dokumen diserahkan selambat-lambatnya kirim H+1 pelaksanaan tes kesehatan di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan.

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Negeri Balikpapan dapat dilakukan di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan Jl. Soekarno Hatta KM. 8 Telp (0542) 860895 Fax. 861107 email spmb@poltekba.ac.id.

Uraian

Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN)

Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

Ujian Masuk Mandiri (UMM)

Pendaftaran

15 – 24 Februari 2021

11 Januari – 19 Maret 2021

15 Maret – 1 April 2021

10 Mei – 10 Juni 2021

20 Juni – 12 Juli 2021

Penerimaan Berkas (Cap Pos)

Tes Akademik/Seleksi Berkas Pelaksanaan SBMPN GEL 1: 12 – 18 April 2021

GEL 2: 26 April – 2 Mei 2021

12 Juni 2021

Pengumuman Akademik

22 Maret 2021

6 April 2021 14 Juni 2021 19 Juni 2021

15 Juli 2021

Penerimaan Berkas

Tes Kemampuan Bahasa Inggris

25 Maret 2021

8 April 2021 16 Juni 2021 21 – 22 Juni 2021

16 Juli 2021

Pengumuman Tes Bahasa Inggris

27 Maret 2021

9 April 2021 17 Juni 2021 24 Juni 2021

17 Juli 2021

Tes Kesehatan & Wawancara

29 – 30 Maret 2021

12 – 16 April 2021 18 – 21, 22 Juni 2021 25 – 31 Juni 2021

19, 21 – 22 Juli 2021

Pengumuman Akhir

5 April 2021

19 April 2021 25 Juni 2021 5 Juli 2021

26 Juli 2021

Pendaftaran Ulang

12 – 20 April 2021

20 – 27 April 2021 26 Juni – 2 Juli 2021 5 – 16 Juli 2021

26 – 30 Juli 2021

  1. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi akedemik, wajib mengikuti tes kemampuan bahasa Inggris, apabila tidak mengikuti tes bahasa inggris maka dinyatakan mengundurkan diri;
  2. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus seleksi tes bahasa inggris wajib mengikuti tes kesehatan dan wawancara sesuai dengan jadwal, apabila tidak mengikuti tes kesehatan dan wawancara maka dinyatakan mengundurkan diri;
  3. Pengumuman hasil seleksi dapat dilihat pada website poltekba.ac.id, Sosial Media dan Papan Pengumuman Politeknik Negeri Balikpapan.

a. Bidang Rekayasa, Jurusan Teknik Sipil Prodi Teknologi Rekayasa Konstrusi Jalan dan Jembatan:

NO URAIAN JALUR
SNMPN/SNMPTN SBMPN/SBMPTN UMM
1 Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) / Semester
2 Jas dan Topi Almamater* Rp. 340.000 Rp. 340.000 Rp. 340.000
3 Perlengkapan Probinmaba* Rp. 300.000 Rp. 300.000 Rp. 300.000
Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama
1 Seragam Praktek ( Pembelian di Koperasi )* Rp. 425.000 Rp. 425.000 Rp. 425.000
2 Kartu Mahasiswa* Rp. 100.000 Rp. 100.000 Rp. 100.000
3 Asuransi / Selama 4 Tahun* Rp. 400.000 Rp. 400.000 Rp. 400.000
Jumlah yang dibayar Tunai Rp. 925.000 Rp. 925.000 Rp. 925.000

* : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

  • Perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2021/2022 dimulai sesuai kalender akademik Politeknik Negeri Balikpapan Tahun Akademik 2021/2022;
  • Biaya selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Balikpapan yaitu :

b. Bidang Rekayasa, Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil:

NO URAIAN JALUR
SNMPN/SNMPTN SBMPN/SBMPTN UMM
1 Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) / Semester
2 Jas dan Topi Almamater* Rp. 340.000 Rp. 340.000 Rp. 340.000
3 Perlengkapan Probinmaba* Rp. 300.000 Rp. 300.000 Rp. 300.000
Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama
1 Seragam Praktek ( Pembelian di Koperasi )* Rp. 425.000 Rp. 425.000 Rp. 425.000
2 Kartu Mahasiswa* Rp. 100.000 Rp. 100.000 Rp. 100.000
3 Asuransi / Selama 4 Tahun* Rp. 300.000 Rp. 300.000 Rp. 300.000
Jumlah yang dibayar Tunai Rp. 825.000 Rp. 825.000 Rp. 825.000

*) : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

 

c. Bidang Tata Niaga D III, Jurusan Perhotelan (Divisi Kamar, Tata Boga) dan Akuntansi (Perbankan dan Keuangan) :

NO URAIAN JALUR
SNMPN/SNMPTN SBMPN/SBMPTN UMM
1 Uang Kuliah Tunggal ( UKT ) / Semester
2 Jas dan Topi Almamater* Rp. 340.000 Rp. 340.000 Rp. 340.000
3 Perlengkapan Probinmaba* Rp. 300.000 Rp. 300.000 Rp. 300.000
Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama Rp. 640.000 + UKT Semester Pertama
1 Seragam Praktek ( Pembelian di Koperasi )* Rp. 675.000 Rp. 675.000 Rp. 675.000
2 Kartu Mahasiswa* Rp. 100.000 Rp. 100.000 Rp. 100.000
3 Asuransi / Selama 4 Tahun* Rp. 300.000 Rp. 300.000 Rp. 300.000
Jumlah yang dibayar Tunai Rp. 1.075.000 Rp. 1.075.000 Rp. 1.075.000

*) : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

DASARPENETAPAN UKT

POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

 

  • Dasar Penetapan Tarif UKT Politeknik Negeri Balikpapan
No Program Studi Kelompok Uang Kuliah Tunggal ( UKT )
1 2 3 4 5
1 Alat Berat Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
2 Teknik Sipil Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
3 Teknik Elektronika Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
4 Teknologi Listrik Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.320.000 Rp. 5.700.000
5 Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan dan Jembatan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.000.000 Rp. 5.600.000
6 Perbankan dan Keuangan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 3.200.000 Rp. 4.480.000 Rp. 5.700.000
7 Akuntansi Perpajakan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.000.000 Rp. 5.600.000
8 Tata Boga Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
9 Divisi Kamar Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 3.200.000 Rp. 4.480.000 Rp. 5.700.000

Kriteria Penetepan Kelompok UKT di Politeknik Negeri Balikpapan

  • Unsur Pendapatan:

    Data Orang Tua/Wali: Pekerjaan Orang Tua, Penghasilan Orang Tua perbulan dan Penghasilan lainnya perbulan;

  • Unsur Tanggungan

    Data Saudara Kandung : Jumlah Saudara Kandung, saudara lain serumah, Status saudara kandung (menikah/belum menikah);

  • Unsur Aset

    Data Kepemilikan Aset: Jumlah rumah, Jumlah mobil, Jumlah motor, Jumlah tanah, Luas tanah, Luas sawah/kebun dsb, Status kepemilikan aset;

 

Unsur Pengeluaran :
  • Data Penggunaan Listrik dan Air: Besaran Daya listrik yang dipakai (KWH), Biaya langganan listrik dan air per bulan;
  • Data Pengeluaran Keluarga per bulan: Biaya Konsumsi, Biaya Pendidikan, Biaya Transportasi dan Lainnya.

 

Prosedur Penetapan

  • Penetapan besaran Biaya UKT bagi Mahasiswa didasarkan pada kelengkapan dan evaluasi kriteria penetapan Biaya UKT
  • Jumlah mahasiswa yang di tetapkn pada UKT kelompok 1 dan kelompok 2 masing masing 5% dari Jumlah Mahasiswa Baru yang diterima

 

Permohonan Pengajuan Kelompok UKT
Permohonan Pengajuan Kelompok UKT dengan menyerahkan data kepada bagian Akademik dan Kemahasiswaan meliputi:

  1. Mengisi Form Permohonan;
  2. Surat Keterangan Penghasilan/slip gaji Orang Tua/Wali 3 bulan terakhir/surat ket. Penghasilan;
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu (Jika ada);
  4. Fotokopi KTP Orang Tua/wali yang masih berlaku;
  5. Fotokopi rekening listrik sesuai alamat Orang Tua/wali 3 bulan terakhir;
  6. Fotokopi rekening air sesuai alamat Orang Tua/wali 3 bulan terkahir;
  7. Fotokopi bukti pembayaran PBB sesuai alamat orang tua wali/wali tahun terakhir;
  8. Fotokopi PKB Motor;
  9. Fotokopi PKB Mobil;
  10. Surat Keterangan atas kepemilikan rumah, motor, dan lahan pertanian atau perkebunan;
  11. Surat Keterangan Kematian (Jika Orang Tua Meninggal);
  12. Surat Pernyataan dari Tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa dan kebenaran data (pengajuan UKT Kelompok 1 dan 2);
  13. Foto ukuran 3R masing masing minimal 1lembar (pengajuan UKT Kelompok 1 dan 2):
  • Rumah tampak depan
  • Rumah Tampak samping
  • Ruang Bagian dalam Rumah
  • Bagian Belakang


Form Yang bisa di donwload :

PENGUMUMAN PENGAJUAN KERINGANAN UKT 2021

FORM PENGAJUAN UKT 

Calon mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan dalam pengisian data akan dikenakan sanksi Pembayaran kelompok UKT tertinggi atau diberhentikan/digugurkan statusnya sebagai calon mahasiswa/I Politeknik Negeri Balikpapan.