SPMB-2019

SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB)
TAHUN AKADEMIK 2019/2020

  • JALUR SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU
  1. Jalur Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK-PN)Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/atau bentuk lain sederajat yang akan lulus Tahun Pelajaran 2019/2020 melalui penelusuran prestasi akademik dan non-akademik selama calon mahasiswa berada di SLTA. Penentuan kelulusannya berdasarkan nilai raport dan piagam/sertifikat kegiatan ko-kurikuler atau ekstrakulikuler. Apabila yang bersangkutan tidak lulus dalam ujian nasional, maka status sebagai mahasiswa bersangkutan dibatalkan.
  2. Jalur Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN)
    Jalur UMPN diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/ MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2017, 2018, dan 2019 yang sistem seleksinya mengacu pada Ujian Masuk Politeknik Negeri (UMPN).
  3. Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)
    Jalur UMM diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/ MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2017, 2018, dan 2019 yang sistem seleksinya dilakukan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Balikpapan menggunakan fasilitas komputer.

Khusus Beasiswa Bidikmisi

Merupakan program bantuan pendidikan bagi calon mahasiswa yang tidak mampu secara ekonomi dan potensi akademik baik. Diperuntukan bagi lulusan satuan pendidikan SMA/SMK/MA/MAK/atau bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2018 dan 2019. Calon mahasiswa yang lulus pada program Bidikmisi akan memperoleh paket bantuan Bidikmisi yang mencakup biaya pendidikan setiap semester dan biaya hidup bulanan minimal Rp. 650.000,- perbulan selama mengikuti perkuliahan/lulus tepat waktu. Proses seleksi sampai pengumuman mengikuti ketentuan pedoman Bidikmisi dan sesuai kuota yang telah ditetapkan oleh DIKTI. Pendaftaran Bidikmisi terdapat pada semua Jalur PMDK dan UMPN dengan memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

 

JURUSAN/PROGRAM STUDI DI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

PROGRAM SARJANA

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK SIPIL Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan & Jembatan (TRKJJ) Diploma IV SMA/SMK/MA/MAK(Semua Jurusan)


PROGRAM DIPLOMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK MESIN Alat Berat (AB) Diploma III SMA/SMK/MA/MAK(Semua Jurusan)
TEKNIK ELEKTRO Teknik Elektronika (TE) Diploma III
TEKNIK SIPIL Teknik Sipil (TS) Diploma III
NON REKAYASA PERHOTELAN Tata Boga (TB) Diploma III
Devisi Kamar (DK) Diploma III
AKUNTANSI Perbankan Keuangan (PK) Diploma III

 

Pemilihan Jurusan/Program Studi:

  1. Jalur PMDK-PN dapat memilih 3 Program Studi di 3 Politeknik Negeri;
  2. Jalur UMPN dapat memilih 3 Program Studi pada bidang yang sama di 3 Politeknik Negeri;
  3. Jalur UMM dapat memilih 2 Program Studi pada bidang yang berlainan.
33 comments
  • andre
    REPLY

    ka , ko di web pmdk untuk sekolah dari jurusan geologi pertambangan , untuk dikolom pemilihan jurusan tidak ada pilihan teknik sipil D3 ya kak? tolong pencerahaannya kak . soalnya yg muncul malah teknik alat berat ?

    • HM
      REPLY

      Sudah dari sistem PMDK jurusan yang didaftarkan harus linier dengan jurusan di sekolah. Jika misalnya di aplikasi tidak muncul berarti jurusan yang dituju tidak tersedia.

    • HM
      REPLY

      Untuk yang berdomisili di luar balikpapan dapat mengikuti tes kesehatan di rumah sakit/dokter pemerintah dengan mengirimkan hasil tes kesehatan maksimal 1 hari setelah pelaksanaan tes kesehatan.

  • Pay Pals
    REPLY

    Untuk yang berdomisili di luar Kalimantan seperti saya yang dari Sumatera Utara masih bisa kah registrasi ulang. Jadwal tes wawancara dan bahasa inggris telah lewat. Adakah solusi yang dapat diberikan untuk saya?

    • HM
      REPLY

      Sudah tidak bisa lagi, karena sudah lewat jadwal. Silahkan melakukan pendaftaran lewat jalur UMPN atau UMM. Terima kasih.

  • Qonita aditiya putri
    REPLY

    Untuk yg tdk lulus pmdk jalur bidikmisi bagaimana cara melihat apa yg menyebabkan tdk lulus khusus setelah test kesehatan dan wawancara karena untuk acuan mengikuti test berikutnya yaitu Umpn

    • HM
      REPLY

      Jika tidak lulus berarti ada hal yang tidak memenuhi standar penilaian dari tes wawancara maupun kesehatan.

    • HM
      REPLY

      Pendaftaran Jalur UMM (Tahap I) tanggal 21 Juni – 12 Juli 2019 dan (Tahap II) tanggal 13 Juli – 26 Juli 2019.

  • fe
    REPLY

    kak kalau lulusan 2016 mendaftar jalur UMM dan sudah pernah berkuliah sebelumnya D1 apakah masih bisa? terimakasih

    • HM
      REPLY

      Untuk jadwal pendaftaran UMM tahap 1 terakhir hari ini tanggal 12 Juli 2019. Sedangkan untuk tahap 2 dimulai tgl 13 Juli – 26 juli 2019.

  • Elkana
    REPLY

    maaf kak mau nanya kalo kita sudah lulus akademi itu berarti kita sudah diterima kmpus tersebut? soal nya pengumuman UMM terakhir tgl 24 juli… ato kita lulus akademi blm tntu diterima kmpus tersebut?? soal nya saya bingung saya lulus di akademi tp blm tau pengumuman terakhir nya umm lulus apa ndaa…

  • Febyanti
    REPLY

    Hari ini saya sudah bayar tapi saya ga tau kalau jalur umm gel. 2 tutup jam 2 siang tadi baru mau ngirim data2 tapi ga bisa bagaimana ini?

    • HM
      REPLY

      Pengumuman UMM Tahap II tangal 01 Agustus 2019. Pengumuman akan diumumkan di Papan Pengumuman Poltekba, Website dan Sosial Media Poltekba.

  • Ica
    REPLY

    Apakah ada perubahan jadwal pengumuman?saya lihat di kartu ujian pengumumannya tanggal 29 july dan tanggal31 july tes kemampuan bahasa inggris,tanggal 1 agustus tes kesehatan dan wawancara

  • Ica
    REPLY

    Apakah ada perubahan jadwal pengumuman? saya lihat di kartu ujian pengumumannya tanggal 29 july dan tanggal31 july tes kemampuan bahasa inggris,tanggal 1 agustus tes kesehatan dan wawancara

  • Ica
    REPLY

    Apakah ada perubahan jadwal pengumuman umm tahap II?saya lihat di kartu ujian tgal 29 pngumumannya,tes kemampuan bhasa inggris tgal31 july,dan 01 agustus tes wawancara

  • Atika
    REPLY

    Ka kalau kita sudah di terima tes akademi dan membayar uang ukt dsb kita sudah di terima di kampus tersebut atau belum,soalnya kn nnti masih ada tes yang lainnya dan masih ada pengumuman akhir

  • Ica
    REPLY

    Ka mau tanya kalau kita sudah lulus tes akademik dan melakukan pendaftaran ulang membayar ukt dll,kita sudah pasti di terima belum?

  • Atika
    REPLY

    Data yang anda masukan tidak ada dalam database atau anda belum waktunya daftar ulang,ini gi mana ka?saya bingung banget padahal sudah boleh daftar ulang?

  • adhi
    REPLY

    permisi, saya sudah melakukan pembayaran pada tanggal 26 Juli pada jam 09:18 WITA , tapi sampai sekarang kok saya masih belum mendapatkan PIN untuk registrasi ya? Saya sudah menghubungi administrasi poltekba melalui email tapi masih belum ada jawaban

Leave a Reply

Your email address will not be published.