SPMB 2020

JALUR SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU

  1. Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN)

Jalur ini diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/MAK/atau bentuk lain sederajat yang akan lulus Tahun Pelajaran 2020/2021 melalui penelusuran prestasi akademik dan non-akademik selama calon mahasiswa berada di SLTA. Penentuan kelulusannya berdasarkan nilai raport dan piagam/sertifikat kegiatan ko-kurikuler atau ekstrakulikuler. Apabila yang bersangkutan tidak lulus dalam ujian nasional, maka status sebagai mahasiswa bersangkutan dibatalkan.

     2. Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN)

Jalur SBMPN diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/ MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2018, 2019, dan 2020 yang sistem seleksinya mengacu pada Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri SBMPN dengan penentuan kelulusan berdasarkan nilai raport dan niali ijazah).

     3. Jalur Ujian Masuk Mandiri (UMM)

Jalur UMM diperuntukkan bagi calon mahasiswa lulusan SMA/SMK/MA/ MAK/bentuk lain yang sederajat lulusan Tahun 2018, 2019, dan 2020 yang sistem seleksinya dilakukan secara mandiri oleh Politeknik Negeri Balikpapan menggunakan fasilitas komputer.

JURUSAN/PROGRAM STUDI DI POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

PROGRAM SARJANA

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK SIPIL Teknologi Rekayasa Konstruksi Jalan & Jembatan (TRKJJ) Diploma IV SMA/SMK/M

PROGRAM DIPLOMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK MESIN Alat Berat (AB) Diploma III SMA/SMK/MA/MAK(Semua Jurusan)
TEKNIK ELEKTRO Teknik Elektronika (TE) Diploma III
Teknologi Listrik (TL) Diploma III
TEKNIK SIPIL Teknik Sipil (TS) Diploma III
TATA NIAGA PERHOTELAN Tata Boga (TB) Diploma III
Divisi Kamar (DK) Diploma III
AKUNTANSI Perbankan dan Keuangan (PK) Diploma III
Akuntansi Perpajakan Diploma IV

 JURUSAN/PROGRAM STUDI KELAS KERJASAMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DENGAN MANAGEMENT & SCIENCE UNIVERSITY (MSU) MALAYSIA

 BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KETERANGAN
REKAYASA TEKNIK MESIN Alat Berat (Mechanical Engineering) Diploma III/S1 & S2 SMA/SMK (Semua Jurusan)
TEKNIK ELEKTRO Teknik Elektronika (Electrical & Electronics Engineering) Diploma III/S1 & S2

JURUSAN/PROGRAM STUDI KELAS KERJASAMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN DENGAN POLITEKNIK NEGERI BALI

BIDANG JURUSAN PROGRAM STUDI JENJANG KET
TATA NIAGA AKUNTANSI Akuntansi Manajerial D-IV SMA/SMK (Semua Jurusan)
  1. Jalur SNMPN dapat memilih 3 Program Studi di 2 Politeknik Negeri;
  2. Jalur SBMPN dapat memilih 3 Program Studi pada bidang yang sama di 3 Politeknik Negeri;
  3. Jalur UMM dapat memilih 2 Program Studi pada bidang yang berlainan.

PERSYARATAN UMUM

  1. Warga Negara Indonesia, berbadan sehat dan bebas narkoba.
  2. Tidak buta warna (kecuali untuk Program Studi : Keuangan Perbankan dan Divisi Kamar).
  3. Usia paling tinggi pada saat mendaftar adalah 21 tahun.
  4. Mempunyai minat yang serius dan motivasi yang tinggi untuk menempuh studi di Politeknik Negeri Balikpapan.
  5. Memiliki kartu BPJS Kesehatan / Asuransi Kesehatan lainnya

PERSYARATAN PENDAFTARAN

  • JALUR SNMPN

  1. Sekolah yang berhak mengikutsertakan siswanya dalam SNMPN adalah sekolah yang mempunyai Nomor Pokok Sekolah Nasional (NPSN);
  2. Memiliki Nomor Induk Siswa Nasional (NISN)
  3. Memperoleh rekomendasi dari Kepala sekolah;
  4. Bersangkutan sedang duduk di Kelas XII Tahun Pelajaran 2020/2021 dan Peserta Ujian Nasional Tahun 2020 dari Kepala Sekolah;
  5. Tidak pernah tinggal kelas;
  6. Prestasi belajar selama di SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat dari Semester 1, 2, 3, 4, 5 memiliki nilai rata-rata minimum 7,0 (pada setiap semester) yang ditunjukkan dengan fotokopi rapor yang sudah dilegalisir oleh Kepala Sekolah dan prestasi akademik
  7. Prestasi Non Akademik tingkat kota, Provinsi, Regional, Nasional dan Internasional (jika ada);
  • JALUR SELEKSI BERSAMA MASUK POLITEKNIK NEGERI ( SBMPN ) / JALUR UJIAN MASUK MANDIRI ( UMM )

  1. Siswa SMA/SMK/MA/MAK/bentuk lain yang sederajat melampirkan fotocopy Surat Tanda Kelulusan yang di legalisir untuk lulusan Tahun 2018 dan 2019 atau fotocopy Surat Keterangan Lulus (SKL yang dilegalisir) bagi siswa lulusan Tahun 2020 yang belum mendapatkan Surat Tanda Kelulusan;
  2. Prestasi Non Akademik tingkat kota, Provinsi, Regional, Nasional dan Internasional (jika ada);
  • JALUR SNMPN

  1. Sekolah menerima username dan password dari Politeknik Negeri untuk bisa masuk ke aplikasi pendaftaran SNMPN;
  2. Sekolah mendaftarkan diri sebagai pemberi rekomendasi di http://snmpn.politeknik.or.id;
  3. Sekolah merekomendasikan siswa untuk mendapatkan kode akses bagi siswa ke http://snmpn.politeknik.or.id ;
  4. Sekolah mengisi data prestasi ekstra kurikuler serta capaian diluar nilai rapor di http://snmpn.politeknik.or.id;
  5. Siswa mengisi seluruh form isian pendaftaran di laman http://snmpn.politeknik.or.id dan untuk pusat bantuan di http://bantuan.snmpn.politeknik.or.id/
  6. Calon mahasiswa melengkapi berkas persyaratan administrasi, antara lain:
    • Bukti pendaftaran pada laman http://snmpn.politeknik.or.id;
    • Pas photo terbaru (berwarna) 4×6 cm 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
    • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
    • Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (FRM.SPMB.08.03.0);
    • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 5 (lima) yang dilegalisir oleh Kepala Sekolah;
    • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
    • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
    • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP yang sudah di legalisir DUKCAPIL (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);
  7. Calon mahasiswa menyerahkan bukti pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map yang telah disediakan, untuk calon mahasiswa dari luar kota Balikpapan bisa mengirimkan berkas melalui pos (Cap Pos Maksimal 1 Minggu Setelah Finalisasi data peserta).
  • JALUR SBMPN

  1. Siswa mengikuti alur pendaftaran nasional dan mengisi seluruh form isian pendaftaran di laman https://sbmpn.politeknik.or.id/ (sesuai dengan panduan pendaftaran SBMPN 2020);
  2. Calon Mahasiswa melengkapi berkas persyaratan administrasi, antara lain :
  • Bukti pendaftaran pada laman https://sbmpn.politeknik.or.id/ ;
  • Pas photo terbaru (berwarna) ukuran 4×6 cm 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
  • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan Tahun kelulusan 2018, dan 2019;
  • Fotokopi Surat Keterangan Lulus yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan tahun kelulusan 2020 untuk ijazah dan transkrip nilai yang belum diterbitkan, (Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang; telah dilegalisir wajib diserahkan pada waktu daftar ulang);
  • Surat pernyataan kesediaan dan kesanggupan membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
  • Rekapitulasi Prestasi Non Akademik (FRM.SPMB.08.03.0);
  • Fotokopi rapor semester 1 (satu) s.d. 6 (enam) yang digelalisir  oleh Kepala Sekolah;
  • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli pada saat melakukan pendaftaran (jika ada);
  • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan:
  • Fotokopi Kartu Keluarga, Fotokopi KTP  (Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);

3. Calon mahasiswa yang dinyatakan lulus dalam Pengumuman Hasil SBMPN 2020 pada tanggal 4 Juli 2020 wajib menyerahkan :

  • Bukti Pendaftaran;
  • Berkas Persyaratan administrasi yang telah ditentukan di atas;
  • Berkas Pengajuan Kelompok UKT (bisa di lihat di web poltekba.ac.id / Menu SPMB 2020);

Bagi Pendaftar KIP-Kuliah wajib melampirkan  berkas

Berkas Pelengkap KIPK,

FRM.SPMB.08.08.0.01 – Sketsa Alamat Rumah Tinggal Pendaftar KIPK ,

FRM.SPMB.08.09.0.01 – Form Foto Rumah Calon Mahasiswa KIPK:

  • Bukti Pendaftaran;
  • Berkas Persyaratan Administrasi yang telah ditentukan di atas;

Penyerahan berkas mulai tanggal 4 Juli – 10 Juli 2020

Jam Pelayanan : Pagi (09.00 – 12.00 wita), Siang (13.00 – 15.30 wita)

Tempat di kampus Politeknik Negeri Balikpapan dengan berpakaian rapi, mengenakan kemeja, bersepatu, dan menggunakan masker. Bagi Perempuan menyesuaikan)

  • JALUR UMM

  1. Siswa melakukan pembayaran Pendaftaran ke Bendahara SPMB atau Transfer ke Rek Bank BRI Rek 0121.01.002270.30.4 A/n BPN 047 Politeknik Negeri Balikpapan untuk memperoleh PIN Pendaftaran, Upload Bukti Pembayaran Pendaftaran pada laman http://siao.poltekba.ac.id/;
  2. Registrasi Online http://siao.poltekba.ac.id/pmb/;
  3. Cetak Kartu Peserta UMM (minimal 2 lembar) http://siao.poltekba.ac.id/pmb/;
  4. Siswa yang dinyatakan Lulus Tes Akademik Ujian Masuk Mandiri (UMM) wajib melengkapi berkas persyaratan administrasi untuk seleksi akhir, antara lain:
    • Kartu Peserta UMM;
    • Pas photo terbaru terbaru (berwarna) ukuran 4×6 2 lembar (FRM.SPMB.08.06.0);
    • Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan Tahun kelulusan 2018, dan 2019;
    • Fotokopi Surat Keterangan Lulus yang telah di legalisir bagi siswa SMA/SMK/ MA/MAK dengan tahun kelulusan 2020 untuk ijazah dan transkrip nilai yang belum diterbitkan (Fotokopi Ijazah dan Transkrip Nilai yang; telah dilegalisir wajib diserahkan pada waktu daftar ulang);
    • Surat Pernyataan Kesediaan & Kesanggupan Membayar Biaya Pendidikan bermaterai (FRM.SPMB.08.02.2);
    • Fotokopi sertifikat/piagam di bidang non akademik yang disahkan (legalisir) oleh sekolah (berlaku 3 tahun terakhir) dan menunjukan sertifikat/piagam asli;
    • Bagi yang memiliki sertifikat/piagam di bidang non akademik  yang namanya tidak tertera pada sertifikat/piagam dimaksud, wajib melampirkan Surat keterangan yang dikeluarkan oleh Sekolah/pihak penyelenggara kegiatan;
    • Fotokopi Kartu Keluarga, Foto Kopi KTP ( Data di KTP harus sama dengan data di Kartu Keluarga);
  5. Calon mahasiswa menyerahkan formulir pendaftaran dan persyaratan yang telah ditentukan dengan menggunakan map yang telah disediakan.
JALUR MEKANISME SELEKSI KHUSUS BIDIKMSI
SNMPN Seleksi Akademik (berkas pendaftaran) Verifikasi data dokumen dan Verifikasi lapangan setelah dinyatakan lulus seleksi akademik.
Wawancara
Pengumuman seleksi akademik
Tes Bahasa Inggris
Tes Kesehatan
Pengumuman Akhir
SBMPN
Pengumuman seleksi Akademik
Tes Bahasa Inggris
Wawancara
Tes Kesehatan
Pengumuman Akhir
UMM
Pengumuman seleksi akademik
Tes Bahasa Inggris
Wawancara
Tes Kesehatan
Pengumuman Akhir

Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru menegakkan prinsip ekuitas (tanpa membedakan) suku agama, ras, antar golongan, serta status sosial dan politik.

MATERI TES BAGI CALON MAHASISWA/i SEBAGAI BERIKUT :

  • JALUR SNMPN
    • Seleksi Berkas dan Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)
  • JALUR SBMPN
  • JALUR UMM
    1. Jurusan Rekyasa, Meliputi
      • Matematika;
      • Bahasa Inggris;
      • Bahasa Indonesia;
      • Fisika;
      • Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)
    2. Jurusan Tata Niaga, Meliputi
      • Matematika;
      • Bahasa Inggris;
      • Bahasa Indonesia;
      • Ekonomi & Akuntansi;
      • Test Kemampuan Bahasa Inggris (TOEFL)
  • Tes kesehatan dilakukan oleh Dokter yang telah ditentukan oleh Politeknik Negeri Balikpapan. Tes kesehatan mencakup sebagai berikut :
    • Bebas Hepatitis;
    • Bebas Narkoba;
    • Tidak mempunyai cacat tubuh yang mengganggu aktivitas perkuliahan;
    • Tidak buta warna;
    • Tidak bertindik bagi laki-laki, dan hanya terdapat 1 tindik bagi perempuan pada setiap daun telinga;
    • Tidak bertato

Khusus calon mahasiswa yang berdomisili diluar Balikpapan, tes kesehatan dapat dilakukan di Dokter Pemerintah setempat dengan ketentuan tersebut diatas. Dokumen diserahkan selambat-lambatnya kirim H+1 pelaksanaan tes kesehatan di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan.

TEMPAT PENDAFTARAN

Pendaftaran Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) Politeknik Negeri Balikpapan dapat dilakukan di Kampus Politeknik Negeri Balikpapan Jl. Soekarno Hatta KM. 8 Telp (0542) 860895 Fax. 861107 email admin@poltekba.ac.id.

JADWAL PENDAFTARAN DAN TES

 

 

 

Uraian Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri (SNMPN) Seleksi Bersama Masuk Politeknik Negeri (SBMPN) Ujian Masuk Mandiri (UMM)
Pendaftaran 6 Jan – 6 Maret 2020 6 Maret  – 25 Juni 2020  26 Juni – 5 Agustus 2020
Penerimaan Berkas (cap pos) 6 Jan – 6 Maret 2020
Tes Akademik/Seleksi Berkas  –  –
Pengumuman Akademik 28 Maret 2020 4 Juli 2020 8 Agustus 2020
Penerimaan Berkas  – 6 – 10 Juli 2020 10 – 11 Agustus 2020
Tes Kemampuan Bahasa Inggris 4 April 2020 13 Juli 2020 12 Agustus 2020
Pengumuman Tes Bahasa Inggris 6 April 2020 14 Juli 2020 13 Agustus 2020
Tes Kesehatan & Wawancara 7 April 2020 15 – 17 Juli & 20 – 21 Juli 2020 15 Agustus & 18 – 19 Agustus 2020
Pengumuman Akhir 11 April 2020 23 Juli 2020 22 Agustus 2020
Pendaftaran Ulang 13 – 27 April 2020 25 Juli – 6 Agustus 2020  –

BIAYA PENDAFTARAN DAN SELEKSI PENERIMAAN MAHASISWA BARU (SPMB)

Biaya Pendaftaran dan Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) meliputi :

No

Uraian

SNMPN

SBMPN

UMM

1

Pendaftaran

Rp. 150.000,-

Rp. 150.000,-

2

Tes Kesehatan, Hepatitis, Narkoba, Buta Warna, Fisik (cacat tubuh, tindik, tato)

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

Rp. 200.000,-

 

Total

Rp. 200.000,

Rp. 350.000,

Rp. 350.000,

  • Perkuliahan semester ganjil Tahun Akademik 2020/2021 dimulai sesuai kalender akademik Politeknik Negeri Balikpapan Tahun Akademik 2020/2021;
  • Biaya selama menempuh pendidikan di Politeknik Negeri Balikpapan yaitu :
  1. PROGRAM SARJANA
  • Bidang Rekayasa, Jurusan Teknik Sipil Prodi Teknologi Rekayasa Konstrusi Jalan dan Jembatan:
  1. NO URAIAN JALUR
    SNMPN SBMPN UMM
    1 Uang Kuliah Tunggal (UKT)/Semester
    2 Jas dan topi almamater* Rp    340,000 Rp    340,000 Rp    340,000
    3 Perlengkapan Probinmaba* Rp    300,000 Rp    300,000 Rp    300,000
    Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama
    1 Seragam Praktek (pembelian di Koperasi)* Rp    425,000 Rp    425,000 Rp    425,000
    2 Kartu Mahasiswa* Rp    100,000 Rp    100,000 Rp    100,000
    3 Asuransi/Selama 4 tahun* Rp    400,000 Rp    400,000 Rp    400,000
    Jumlah Yang DIbayar Tunai Rp    925,000 Rp    925,000 Rp    925,000

    *) : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

  2. PROGRAM DIPLOMA POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Bidang Rekayasa, Jurusan Teknik Mesin, Teknik Elektro, Teknik Sipil:
NO URAIAN JALUR
SNMPN SBMPN UMM
1 Uang Kuliah Tunggal (UKT)/Semester
2 Jas dan topi almamater* Rp    340,000 Rp    340,000 Rp    340,000
3 Perlengkapan Probinmaba* Rp    300,000 Rp    300,000 Rp    300,000
Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama
1 Seragam Praktek (pembelian di Koperasi)* Rp    425,000 Rp    425,000 Rp    425,000
2 Kartu Mahasiswa* Rp    100,000 Rp    100,000 Rp    100,000
3 Asuransi/Selama 3 tahun* Rp    300,000 Rp    300,000 Rp    300,000
Jumlah Yang Dibayar Tunai Rp    825,000 Rp    825,000 Rp    825,000

*) : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

BIDANG TATA NIAGA D III , JURUSAN PERHOTELAN ( DIVISI KAMAR, TATA BOGA ) DAN AKUNTANSI ( PERBANKAN DAN KEUANGAN )
NO URAIAN JALUR
SNMPN SBMPN UMM
1 Uang Kuliah Tunggal (UKT)/Semester
2 Jas dan topi almamater* Rp    340,000 Rp    340,000 Rp    340,000
3 Perlengkapan Probinmaba* Rp    300,000 Rp    300,000 Rp    300,000
Jumlah yang ditransfer ke Bank Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama Rp 640,000 + UKT Semester Pertama
1 Seragam Praktek (pembelian di Koperasi)* Rp    675,000 Rp    675,000 Rp    675,000
2 Kartu Mahasiswa* Rp    100,000 Rp    100,000 Rp    100,000
3 Asuransi/Selama 3 tahun* Rp    300,000 Rp    300,000 Rp    300,000
Jumlah Yang Dibayar Tunai Rp   1,075,000 Rp    1,075,000 Rp    1,075,000

*) : Dibayarkan hanya 1 (satu) kali selama kuliah yaitu pada saat pendaftaran ulang Mahasiswa Baru.

DASAR PENETAPAN UKT
POLITEKNIK NEGERI BALIKPAPAN
  • Dasar Penetapan Tarif UKT Politeknik Negeri Balikpapan
No. Program Studi Kelompok Uang Kuliah Tunggal (UKT)
1 2 3 4 5
1 Alat Berat Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
2 Teknik Sipil Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
3 Teknik Elektronika Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
4 Teknologi Listrik Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.320.000 Rp. 5.700.000
5 Teknologi Rekayasa Kontruksi Jalan dan Jembatan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.000.000 Rp. 5.600.000
6 Perbankan Keuangan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 3.200.000 Rp. 4.480.000 Rp. 5.700.000
7 Akuntansi Perpajakan Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 4.000.000 Rp. 5.600.000
8 Tata Boga Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 2.400.000 Rp. 3.360.000 Rp. 4.320.000
9 Divisi Kamar Rp. 500.000 Rp. 1.000.000 Rp. 3.200.000 Rp. 4.480.000 Rp. 5.700.000

 

Kriteria Penetepan Kelompok UKT di Politeknik Negeri Balikpapan
  • Unsur Pendapatan:

Data Orang Tua/Wali: Pekerjaan Orang Tua, Penghasilan Orang Tua perbulan dan Penghasilan lainnya perbulan;

  • Unsur Tanggungan

Data Saudara Kandung : Jumlah Saudara Kandung, saudara lain serumah, Status saudara kandung (menikah/belum menikah);

  • Unsur Aset

Data Kepemilikan Aset: Jumlah rumah, Jumlah mobil, Jumlah motor, Jumlah tanah, Luas tanah, Luas sawah/kebun dsb, Status kepemilikan aset;

  • Unsur Pengeluaran :
  • Data Penggunaan Listrik dan Air: Besaran Daya listrik yang dipakai (KWH), Biaya langganan listrik dan air per bulan;
  • Data Pengeluaran Keluarga per bulan: Biaya Konsumsi, Biaya Pendidikan, Biaya Transportasi dan Lainnya.

Prosedur Penetapan

  • Penetapan besaran Biaya UKT bagi Mahasiswa didasarkan pada kelengkapan dan evaluasi kriteria penetapan Biaya UKT
  • Jumlah mahasiswa yang di tetapkn pada UKT kelompok 1 dan kelompok 2 masing masing 5% dari Jumlah Mahasiswa Baru yang diterima

Permohonan Pengajuan Kelompok UKT

Permohonan Pengajuan Kelompok UKT dengan menyerahkan data kepada bagian Akademik dan Kemahasiswaan meliputi:

  1. Mengisi Form Permohonan; Form keringanan UKT
  2. Surat Keterangan Penghasilan/slip gaji Orang Tua/Wali 3 bulan terakhir/surat ket. Penghasilan;
  3. Surat Keterangan Tidak Mampu (Jika ada);
  4. Fotokopi KTP Orang Tua/wali yang masih berlaku;
  5. Fotokopi rekening listrik sesuai alamat Orang Tua/wali 3 bulan terakhir;
  6. Fotokopi rekening air sesuai alamat Orang Tua/wali 3 bulan terkahir;
  7. Fotokopi bukti pembayaran PBB sesuai alamat orang tua wali/wali tahun terakhir;
  8. Fotokopi PKB Motor;
  9. Fotokopi PKB Mobil;
  10. Surat Keterangan atas kepemilikan rumah, motor, dan lahan pertanian atau perkebunan;
  11. Surat Keterangan Kematian (Jika Orang Tua Meninggal);
  12. Surat Pernyataan dari Tiga tetangga terdekat yang bukan saudara yang menjelaskan kondisi ekonomi keluarga calon mahasiswa dan kebenaran data (pengajuan UKT Kelompok 1 dan 2);
  13. Foto ukuran 3R masing masing minimal 1lembar (pengajuan UKT Kelompok 1 dan 2): Form Foto Rumah Calon Mahasiswa ukt
    • Rumah tampak depan
    • Rumah Tampak samping
    • Ruang Bagian dalam Rumah
    • Bagian Belakang

Sanksi

Calon mahasiswa yang terbukti melakukan kecurangan dalam pengisian data akan dikenakan sanksi Pembayaran kelompok UKT tertinggi atau diberhentikan/digugurkan statusnya sebagai calon mahasiswa/I Politeknik Negeri Balikpapan.